Arsip Nasional RI Gelar Pengawasan Kearsipan Di Kota Solok

Solok, (MC Kota Solok) – Tim Pengawas Arsip Nasional Republik Indonesia lakukan pembinaan terhadap Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kota Solok. Tim Pengawasan Kearsipan yang diketuai Kiswati, SS. MPA dan anggota Juliati, SE, Hayati Saad, BA dan Dewi Septiani Pratami, S.Sos  diterima Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Dra. Hj. Mursiati, MM di ruang kerjanya, Selasa (18/4).

Ketua Tim Pengawas Kiswati kesempatan itu mengatakan, kedatangan Tim hanya untuk melihat perkembangan kearsiapan yang dikelola di Kota Solok, masalah kearsipan adalah suatu yang urgen dan tidak bisa dianggap remeh, karena suatu saat arsip bisa dibutuhkan. Makanya pengelolaan Arsip sangat dibutuhkan, demi menyelamatkan bukti-bukti otentik bila diperlukan,” ujar Kiswati.

Dalam pengawasan aspek kearsipan yang dilakukan adalah ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan bidang kearsipan dalam penetapan kebijakan kearsipan, ketaatan terhadap pedoman pelaksanaan kearsipan, program kearsipan, pengolahan arsip in-aktif, penyusutan arsip, pengelolaan arsip statis (bagi LKD), Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan kelembagaan, dan prasarana dan sarana.

Kesempatan itu Tim pengawasan melakukan audit terhadap pengelolaan arsip di Dinas Perpustakaan dan Kota Solok, Bagian Umum Setda Kota Solok dan Kantor Lurah Sinapa Piliang. Kegiatan pengawasan dilaksanakan di Kota Solok selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 s/d 20 April 2017. (BM)

%d bloggers like this: