ASN Kemenag Kota Solok Ikuti Sosialisasi e-Filling Penyampaian SPT Pajak

Solok, (MC Kota Solok) – Kantor Kementerian Agama Kota Solok adakan  Sosialisasi tentang pajak pribadi secara online  terkait tata cara pelaporan dan penyampaian Surat Pajak Tahunan (SPT) secara e-filing dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Solok kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kemenag setempat  di Aula Abu Bakar Siddiq , Kamis (23/03). Sosialisasi yang dibuka Plh Kakan Kemenag Kota Solok Drs.H.Afrizal Thaib menghadirkan nara sumber Elsa Trisni dan Wibisana Puji Ananda dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Solok

Nara sumber Elsa Trisni kesempatan itu mengatakan SPT adalah surat wajib pajak yang digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. SPT masa Januari hingga Desember 2016 sudah bisa dilaporkan secara online hingga terakhir pada 31 Maret 2017,”jelas Elsa.

Selanjutnya Elsa menjelaskan untuk dapat melakukan e-filing dilakukan tiga tahap utama, yakni: Tahap pertama, mengajukan permohonan e-Fin ke kantor pelayanan pajak terdekat yang merupakan identitas Wajib Pajak (WP) bagi pengguna e-filing, Pengajuan e-Fin hanya sekali saja.

Tahap kedua, mendaftarkan diri sebagai WP e-filing di situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-Fin.

Tahap ketiga, menyampaikan SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi secara e-filing melalui situs DJP melalui empat langkah prosedural, dimulai dari mengisi e-SPT pada aplikasi e-filing di situs DJP, meminta kode verifikasi pengiriman e-SPT yang akan dikirmkan melalui email atau SMS.

Mengirim SPT secara online dengan mengisi kode verifikasi, serta notifikasi status e-SPT dan bukti penerimaan elektronik akan diberikan kepada WP melalui email untuk dijadikan arsip pribadi”, ujar Elsa.

Wibisana Puji Ananda menjelaskan, bahwa Kantor Pelayanan Pajak Pratama Solok membuka kelas sosilisasi untuk 10 orang, pada hari Selasa dan Kamis setengah hari hingga sampai tanggal 31 Maret untuk melayani pelaporan SPT Tahunan.

Plh Kantor Kemenag Kota Solok Afrizal Thaib mengucapkan terima kasih kepada nara sumber, dimana masalah pajak merupakan kewajiban warga negara untuk membayarnya. Makanya secara jelas perlu Sosialisasi kepada ASN agar masalah pajak ini dapat terealisasi dengan lancar sebagai warga negara maupun Aparatur negara sipil.(HD)

%d blogger menyukai ini: