Berikan Pelayanan Kepada Calon Haji, Kemenag Kota Solok Gelar Manasik Haji

Solok, (MC Kota Solok) -Kepala  Kantor Kementerian Agama Kota Solok Drs.H.Burhanuddin buka pelaksanaan  Manasik Haji bagi Calon Haji Kota Solok  di aula Abu Bakar Sidiq Kantor Kemenag setempat, Senin (10/07), yang dihadiri jajaran Kemenag Kota Solok serta para calon haji  sebanyak 113 orang.

Kepala kantor kemenag Burhanuddin sambutannya mengatakan penyelenggaraan ibadah haji dengan leeding sector Kemenag tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus menjalin dan membangun kerjasama  beberapa pihak agar pelayanan kepada calon jemaah haji dapat berjalan lancar . Dimana  dalam memberikan layanan kepada masyarakat, tertuang dalam Undang-Undang, terutama dalam menuntun pelaksanaan ibadah nantinya dengan mengadakan manasih haji.

Lebih lanjut Burhanuddin mengatakan,  Kemenang bersama  Pemko Kota Solok  berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada Calhaj. Manasik haji merupakan pembinaan yang sangat penting selain memberikan pengetahuan tentang tata cara menjalankan haji tetapi juga mengingatkan kembali pengetahuan tentang aturan dan rukun secara keseluruhan yang tertera di dalam Al-Quran dan Al-Hadist.

Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. “Ini merupakan rangkaian  persiapan pemberangkatan calhaj Kota Solok, untuk itulah kepada calhaj untuk bisa mengikuti dari awal sampai akhir  karena hal ini sangat penting dan akan lebih memahami prosesnya,” harapnya.

“Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dengan melibatkan berbagai pihak. Dilaksanakan berdasarkan azas keadilan, profesionalitas, akuntabilitas dengan prinsip mengedepankan kepentingan jamaah, memberikan rasa keadilan memberikan kepastian, transparansi dan akuntabilitas, profesionalisme,”  kata  Burhanuddin.

Ketua Panitia Pelaksana  Samsidir, S.Ag  laporannya mengatakan  pembinaan manasik untuk calhaj  Kota Solok dilaksanakan 10 kali kegiatan, 2 kegiatan di Kota Solok dan 8 kegiatan di  masing-masing kecamatan.  “Hal ini kami lakukan secara rutin agar para calon haji bisa memahami dengan baik manasik ini dan pelaksanaan haji di musim 2017 ini bisa berjalan dengan lancar, “ ujar Samsidir.. (HD)

%d blogger menyukai ini: