BKIM Padang Lakukan Pemeriksaan Mata Gratis Di Kota Solok

Solok (MC Kota Solok) – Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Padang melakukan pemeriksaan mata terhadap murid SDN 17 Aro IV Korong dan pasien Puskesmas KTK Kota Solok. Rabu (19/4).

Petugas BKIM Padang yang diketuai dr.Sri Hartanti,Sp.M dengan 7 orang anggota didampingi oleh Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Solok drg. Ely Suryani, melakukan pemeriksaan di SDN 17 terhadap murid kelas I – V sebanyak 217 orang. Sementara pemeriksaan mata pasien di Puskesmas KTK diikuti oleh 21 pasien.

Sri Hartanti, Sp.M menjelaskan dari 217 orang murid yang diperiksa terdapat 3 orang diantaranya yang bermasalah dengan visus mata mereka dan diberi surat rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke Rumah Sakit. Nonton televisi sambil tiduran dan main gadget merupakan kebiasaan jelek yang dapat mengakibatkan kerusakan mata, kata dr Tanti.

Untuk itu perlu memberi pengertian kepada murid dan tentang hal-hal yang dapat merusak mata ini. Sebaiknya setiap tiga jam beraktifitas mata di istirahatkan, Istirahat disini memang benar-benar istirahat, tidak menonton, tidak main gadget, jelas dr. Tanti.

drg. Ely Suryani berharap program pemeriksaan mata dari BKIM Padang dilaksanakan secara berkelanjutan. “Pemeriksaan mata ini sangat membantu sekali dalam mendeteksi kerusakan mata, dan pemeriksaan ini merupakan program BKIM Padang yang bersifat gratis semoga program ini bisa berkelanjutan”, harap Ely. (JTY)