Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Gelar Sidang Tera/Tera Ulang Alat UTTP

Solok. (MC Kota Solok) – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok melaksanakan kegiatan sidang tera /tera ulang alat UTTP (ukur, takar,timbang dan perlengkapannya) bagi pedagang di Kota Solok. Acara ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu tanggal 17 sd 20 april 2017 dilaksanakan di halaman parkir Pasar Modren dan tanggal 21 April di Pasar Pagi Terminal Bareh Solok. Tenaga teknis tera /tera ulang alat UTTP berasal dari UPTD Metrologi Kota Padang, hal ini dikarenakan Kota Solok belum memilki UPTD Metrologi dan SDM Panera Ahli yang bersertifikat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kepastian hukum dan legalitas kepada pemilik uttp serta memberikan jaminan kepada konsumen tentang ketepatan/keakuratab ukuran dari dagangan yang ditimbang pada pedagang. Pemilik UTTP diberikan pelayanan gratis untuk reparasi dan penggantian alat yang rusak namun untuk retribusi dipungut sesuai dengan Perda Kota Solok No.2 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum.

Kepala UPTD Metrologi Kota Padang, Yeni Rizal, M.I.Kom mengatakan, bahwa diminta masyarakat memanfaatkan momen ini dikarenakan untuk mendapatkan cap tera yang sah dan untuk mereparasi timbangan yang bermasalah dapat di laksanakan pada kegiatan ini. Setelah kegiatan ini habis dan pengguna UTTP ingin mentera timbangannya, maka harus membawa UTTP tersebut ke UPTD Metrologi Padang.

Pemilik UTTP bisa mendatangi lokasi tera dengan membawa timbangan yang dimiliki dan akan dilakukan pengecekan, dan apabila alat UTTP tersebut sudah rusak maka pelaksana tera akan melakukan perbaikan dan diberikan stempel cap tanda tera pada timbangan pedaganng tersebut.(DA)

%d blogger menyukai ini: