Dinas Pertanian Kota Solok Gelar Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram

Solok, (MC Kota Solok) – Dinas Pertanian Kota Solok berikan pelatihan pengolahan jamur tiram bagi petani dan pelaku usaha agribisnis bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok, Rabu (12/7/2017).

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Ir. Kusnadi, MM Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, didampingi oleh Ir. Eka Yulmalida Kabid Sarana, Prasarana dan Agribisnis, dan Amril,SP Kasi Agribisnis Dinas Pertanian dan diikuti oleh 15 orang peserta dari petani dan pelaku usaha agribisnis yang berada di Kota Solok.

Pelatihan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pengolahan jamur tiram mulai dari penanganan pascapanen (trimming, sortasi, pengemasan, penyimpanan, pengangkutan) sampai kepada pengolahannya. Narasumber dalam pelatihan ini di datangkan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Provinsi Sumatera Barat yaitu Ir. Kasma Iswari, M.Si dan Mela Kuswenti, S.TP.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini dapat menambah wawasan, meningkatkan nilai gizi bagi keluarga dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. “Hasil dari pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga pendapatan masyarakat meningkat dan menigkatnya kesejahteraan petani,” harap Kusnadi.

Usaha pengolahan jamur tiram merupakan salah satu komoditi yang strategis untuk dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan secara komersial sangat menguntungkan. Karena tingginya permintaan pasar dan mudahnya proses pengolahan jamur tiram ini lebih sering diolah masyarakat dibandingkan jamur lainnya.
Selain bergizi juga banyak manfaat dari mengkonsumsi jamur tiram diantaranya anti kolesterol, baik untuk kecantikan.

Jamur tiram juga berfungsi sebagai pengganti daging dan lauk pauk. Dapat di olah menjadi sate, soto, capcai, pepes, permen jelly, dll. Pada pelatihan kali ini peserta di ajarkan cara pengolahan jamur tiram menjadi keripik jamur, dan pepes jamur tiram. (LM).

%d blogger menyukai ini: