Dinas Sosial Kota Solok Kunjungi Panti

Solok, (MC Kota Solok) – Kepala Dinas Sosial Kota Solok Dra. Hj. Rosavella YD, MM memantau langsung cara pengolahan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh Panti Asuhan Tunas Bangsa Solok, Senin, 12 Juni 2017 di Tembok,  Kota Solok. Pada kesempatan itu turut serta Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial Drs. Doriswelly dan Kepala Seksi Pelayanan Sosial Meizora, S.ST.

Pemantauan ini dilakukan dalam rangka Akreditasi Panti Asuhan oleh Kementrian Sosial RI tahun 2018. Panti Asuhan Tunas Bangsa merupakan panti yang dikelola oleh Yayasan, yang juga merupakan binaan Dinas Sosial Kota Solok.

Kepala Dinas Sosial Kota Solok Dra. Hj. Rosavella YD, MM menyebutkan bahwa untuk pengelolaan panti harus sesuai dengan SOP dan Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA) yang merujuk pada Permensos Nomor 30 Tahun 2011 Tentang izin operasional. Kemudian rosa juga menegaskan bahwa pengelolaan panti harus di laksankan oleh tenaga propesional yang telah menerima berbagai pelatihan dan sertifikat yang telah di keluarkan oleh Kementerian Sosial RI.

Rosa menambahkan merujuk pada hal diatas maka Dinas Sosial Kota Solok akan melakukan pembinaan dan pengelolaan Panti Asuhan Tunas Bangsa secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak terkait diantaranya, Depag Kota Solok, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas KLH, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bagian Kesra serta Camat Tanjung Harapan dan Kelurahan Nan Balimo.

Pembinaan dan pengelolaan Panti Asuhan ini memiliki rencana kerja yang akan dimulai awal bulan depan, lanjutnya. Dengan agenda kegiatan yang telah dirancang oleh Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial dan Kasie Pelayanan Sosial Dinas Sosial Kota Solok  Sbb:

  1. Menempatkan Pegawai Dinas Sosial di Panti Asuhan Tunas Bangsa yang tugaskan sebanyak 4 orang.
  2. Membuat MOU Dinas Sosial dengan Yayasan Panti Asuhan Tunas Bangsa tentang pembenahan Panti Asuhan.
  3. Penataan lingkungan dan ruang Panti
  4. Verifikasi dan Validasi data anak asuh
  5. Membuat standar baku untuk penerimaan anak asuh baru
  6. Membuat daftar disiplin bersama anak asuh
  7. Pengaturan pola makan
  8. Mengadakan pertemuan rutin,berkala dengan pihak yayasan,
  9. Pengadaan perlengkapan alat kebersihan
  10. Membuat MOU dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberyaan Perempuan dan Perlindunagn Anak, Dinas Pendidikan, (SKB), dan Kementerian Agama,Pertanian Melalui UPTD Perternakan

11.Melakukan kegiatan bersama anak Panti satu kali dalam setahun

Kemudian H. Rusli Khatib Sulaiman selaku Ketua Penggurus Panti Asuhan Tunas Bangsa telah mengkoordinasikan kepada pihak  Yayasan tentang wacana pembenahan Panti Asuhan oleh dinas Sosial Kota Solok. Dalam sambutannya H. Ruslim menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian Dinsos untuk kemajuan Panti Asuhan Tunas Bangsa kedepannya. Selain itu H. Rusli menambahkan bahwa sejak berdirinya panti ini  dikelola oleh bapak dan ibu asuh yang mana usia beliau sekarang sudah tergolong lanjut usia sehingga pengelolaan panti tidak maksimal.

Dikesempatan yang sama Bapak A. Dt. Tankerullah (Mantan Kandep Sosial Solok)  yang sekarang menjadi Ketua Yayasan YPAC (Yayasan Penyantun Anak Cacat Solok)  menyampaikan  Fungsi Panti Asuhan ini bukan saja sekedar tempat menampung anak yang berkehidupan tidak mampu/ Fakir miskin, Anak Yatim dan Piatu saja, tetapi lebih mengarahkan kepada tempat menuntut ilmu (Melanjutkan Pendidikan); Tempat Pebentukan Watak Manusia; Orang terampil yang menpunyai keahlian yang ilmunya berguna bagi orang lain, tambah Tankerullah. (MR)