F-Kuwas Solok Dikukuhkan

SOLOK (MC Kota Solok).  Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), priode 2017-2021 dikukuhkan di Gedung KubungTigo Baleh,Kamis (3/8) oleh Pendiri F.Kuwas H.Wannedi Saman .Pengukuhan pengurus yang diketuai Raunis Natase itu sejalan   dengan peringatan  ulang tahun F-Kuwas ke-8, Sementara untuk Sekretaris dipercayakan kepada Yulicef Anthony dan Bendahara Eliza Susanti dibantu beberapa seksi-seksi sesuai dengan kebutuhan organisasi  hasil Mubes F-Kuwas awal bulan Juni lalu.

Walikota Solok Zul Elfian dalam sambutannya mengatakan  F-Kuwas diharapkan menjadi mitra pemerinta untuk  memperjuangkan kepentingan masyarakat. Zul Elfian berharap seluruh wartawan yang tergabung di F-Kuwas mampu menunjukkan kinerja yang profesio  “F-Kuwas diharapkan bisa menjalan fungsi pers sebagai kontrol sosial. Serta menjadi mitra pemerintah demi terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang sejahtera. Bagi pemerintah, peran wartawan diperlukan untuk mendukung pembangunan, yang dituangkan dalam visi dan misi pemerintah,” ujarnya.

Dalam pengukuhan dan pelantikan kepengurusan periode ketiga sepanjang sejarah F-Kuwas tersebut  dihadiri Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan, Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak, Kajari Solok, Pengadilan Kota dan Kabupaten Solok,Kabag Humas Tanah Datar, Bundo Kandung Kota Solok, Ketua LKAAM H.Rusli Khatib Suleman, Walinagari se-Kabupaten Solok, Camat Kota dan Kabupaten  dan ratusan pelajar dan undangan lainnya

Zul Elfian menyatakan pihaknya memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja F-Kuwas dalam membantu pelaksanaan pembangunan di daerah. Hal itu ditunjukkan, melalui pemberitaan yang profesional. Zul Elfian berharap, wartawan di Kota dan Kabupaten Solok meningkatkan profesionalisme. Sehingga tercipta wartawan yang kompeten dan mampu memberikan edukasi dan sumber informasi yang mencerdaskan masyarakat.

Dalam menjalankan organisasi dan tugas profesi, wartawan hendaknya senantiasa mengedepankan dan mematuhi aturan dan kode etik jurnalistik yang ada. Sehingga, tugas wartawan sebagai elemen yang mencerdaskan dapat dicapai. Di samping itu peran sebagai sosial kontro bisa berjalan seiring,”tukuk Walikota.

Zul Elfian juga berharap, wartawan di Solok turut mendorong terciptanya keadilan dan pemerataan pembangunan. Sebab, menurutnya, pemerintah tidak selalu tahu bagaimana kondisi masyarakat yang sesungguhnya. Karena itu, suara masyarakat melalui corong media akan membantu kinerja pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita menyadari betul, betapa besarnya fungsi dan keberadaan wartawan selama ini. Kita berharap, fungsi itu bisa meningkatkan kinerja pemerintah. Untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan tugas kewartawanan, Pemko Solok sejak tahun 2013 lalu, telah memfasilitasi keberadaan Press Room, yang dilengkapi dengan fasilitas wifi dan kelengkapan lainnya. Ke depan, kita telah merencanakan sebuah Balai Wartawan yang representatif bagi wartawan yang bertugas di Kota Solok dan Kabupaten Solok. Bahkan namanya juga sudah disiapkan yakni Balai Wartawan Rosihan Anwar. Nama seorang tokoh pers yang berasal dari Solok,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can mengatakan dengan tergabungnya wartawan solok dalam sebuah wadah organisasi membuktikan kekompakan dan kesamaan persepsi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

“Di usianya yang ke-8 tahun ini, F-Kuwas tentu sarat pengalaman dan kematangan. Semoga ke depan, kontribusi wartawan terhadap pembangunan dan kemajuan Kota Solok dapat diraih. Keberadaan wartawan selama ini sudah memberikan kontribusi nyata bagi negara dan daerah. Selalu ada warna positif dalam setiap gerak maju sejarah bangsa dihembuskan wartawan melalui berbagai medianya. Kita harapkan, kerja sama itu bisa terus terbina dan meningkat,” ujarnya.

Ketua F-Kuwas Raunis mengajak seluruh wartawan di Kota dan Kabupaten Solok untuk menjaga kekompakan dan kesolidan. Mantan Bendahara F-Kuwas periode 2012-2016 tersebut menyatakan dirinya siap ditegur juga dalam perjalanan organisasi ini melakukan kesalahan. Roni berharap rasa solidaritas dan kekompakannya yang telah terbina selama ini terus dipupuk. Di samping meningkatkan kemampuan jurnalistik, dan menyajikan pemberitaan sesuai fakta dan data yang lengkap. “Komitmen kita jelas. Yaitu menjadikan wartawan di Solok sebagai wartawan yang profesional dalam bekerja, dan kompeten dalam menyajikan pemberitaan,” ujarnya.(Eg/zm)