Grup Saluang Kota Solok Raih Peringkat 2 Festival KIE

Solok ( MC Kota Solok ) – Group Saluang Dendang Binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, meraih Peringkat Terbaik II dalam Festival Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) .Kegiatan  Media Tradisional Budaya Minangkabau tahun 2017 yang berlansung di pelataran Jam Gadang Bukittinggi tanggal 15 s/d 16 April 2017 menyampaikan pesan pembangunan bidang KB, Kesehatan sekaligus memasyarakatkannya ditengah-tengah masyarakat.

Plt.Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok Haji M.Syafni,SE merasa gembira Group kesenian yang diturunkan pada festival KIE dapat meraih juara II, bila dilihat untuk para peserta masih membanggakan bisa berbicara ditingkat Sumatera Barat, sebab group saluang tradisionil sangat ampuh dalam menyampaikan pesan pembangunan ditengah masyarakat. Makanya kedepan perlu dipertahankan agar pesan-pesan KB bisa berjalan lancar dan sukses.

Festival yang diselengarakan Badan Kependudukan, dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat dengan tema “Ayo Ikut KB Duo Anak Rancak Bana”,  diikuti 17 perwakilan Kabupaten/Kota se Sumatra Barat bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang program KKBPK kepada masyarakat dengan memanfaatkan kesenian tradisional.

Pada festival yang mendapat sambutan masyarakat  itu menampilkan kesenian lokal/tradisional  seperti randai, saluang, rabab dan lainnya, hasil pemenang selengkapnya adalah Juara I Kota Padang, II Kota Solok, III Kabupaten Padang Pariaman, disusul peringkat IV dan V masing-masing Kabupaten 50 Kota dan Kota Bukittinggi.. (rafdi).