KPU Kota Solok Sosialisasikan Pemilu 2019 Kepada Calon Pemilih Pemula

Solok, (MC Kota Solok) – KPU Kota Solok Sosialisasikan pengembangan nilai-nilai demokrasi pancasila kepada siswa baru SMA Negeri 1 Kota Solok bertempat di Kampus SMA Negeri 1 Kota Solok, Selasa (4/7). Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama dua hari pada empat SMA Negeri yang ada di Kota Solok dari tanggal 3 s/d 4 Juli 2017.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun Pelajaran 2017/2018 ini dibuka Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa didampingi Anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, Kepala Sekolah dan Majelis Guru SMA N 1 Kota Solok, Pengurus OSIS dan Siswa Baru sebanyak 320 orang.

Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa pada pembukaannya mengatakan tentang Demokrasi Pancasila. Dimana demokrasi pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang digali dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri yaitu Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Demokrasi Pancasila antara lain Adanya kebebasan yang harus disertai dengan rasa tanggung jawab, Menjunjung harkat dan martabat kemanusiaan,Menjamin dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam hidup bersama, Mengakui atas perbedaan individu, ras, kelompok, suku dan agama, Mengakui adanya persamaan hak yang melekat pada setiap individu, kelompok, ras, suku dan agama, Mengarahkan perbedaan dalam suatu kerja sama kemanusiaan yang beradab, Menjunjung tinggi asas musyawarah sebagai moral kemanusiaan yang beradab,Mewujudkan dan mendasarkan suatu keadilan dalam kehidupan sosial agar tercapainya tujuan bersama.

Lebih lanjut dikatakan Siswa baru kita harus mampu menerapkan nilai-nilai Demokrasi Pancasila tersebut, mulai dari hal yang kecil misalnya kita melakukan pemilihan Ketua kelas dan Ketua OSIS yang ada disekolah kita ini.

Mulai tahun ini,”kata Budi kita buat model dan sistem pemilihan ketua kelas dengan berlandaskan nilai-nilai demokrasi pancasilamemaparkan tentang pra-tahapan Pemilu 2019 dan simulasi tata cara pemungutan suara di TPS. Adik-adik siswa baru yang sekarang berumur 15 dan 16 tahun pada tahun 2019 mendatang akan memiliki hak pilih dalam agenda Nasional Pemilu Serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab./Kota serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Ini adalah sejarah pertama di Indonesia dan sejarah pertama dalam kehidupan adik-adik semua, untuk menggunakan hak pilih dengan tepat dan benar. Adik-adik adalah calon generasi muda penerus bangsa. Pilih pemimpin yang cerdas dan amanah, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (YS)

%d blogger menyukai ini: