Lomba Bercerita Tingkat SD/MI, Tumbuhkan Minat Baca di Usia Dini

Solok ( MC Kota Solok ) – Puluhan siswa tingkat SD dan MI mengikuti lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Solok, Rabu (10/5) di Aula SMKN 1 Solok.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan kan minat baca pada anak – anak di usia dini.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dra. Weni Oktiarni, MM.

Weni Oktiarni menyampaikan “ bahwa tradisi lisan seperti legenda, mitos, fabel, dongeng, epos, dan sejarah merupakan kekayaan nusantara. cerita-cerita ini dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya daerah. Melalui cerita rakyat akan menumbuhkan rasa kekaguman dan cinta, dan pada akhirnya akan tumbuh rasa memiliki dan peduli dari jiwa anak-anak kita terhadap kelestarian budaya minangkabau”.

“Dalam rangka menumbuh kembangkan budaya baca anak, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok setiap tahunnya melaksanakan lomba bercerita bagi siswa SD/MI se Kota Solok,” tambahnya.

Kegiatan lomba bercerita tingkat SD dan MI Se Kota Solok ini diikuti oleh 46 siswa dari 46 SD/MI se Kota Solok, dan dewan juri sebanyak 3 orang yang dipercayakan kepada Lembaga Kreatif Indonesia dan salah seorang guru senior Kota Solok.

Akhir Lomba , dewan juri Memutuskan pemenang lomba bercerita tingkat SD dan MI se Kota Solok adalah Wahyu Andika Pratama dari SDN14 laing yang akan dikirim untuk mengikuti Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sumbar pada tanggal 17 Mei 2016 di Hotel Axana, Padang.
Berikut daftar pemenang lomba tersebut :
Juara 1, Wahyu Andika Pratama dari SDN14 laing.
Juara 2, Rayhanah Marsa Thufail dari SDN 03 Kampung Jawa.
Juara 3, Najya Rosyada Nazsya dari SDN 07 KTK
dan Juara Harapan 1, Dea Rizka Anggraini dari SDN 02 PPA.(Budi)

%d blogger menyukai ini: