Pedagang Ikan di Jalan Lingkar Koto Panjang di Relokasi

Solok (MC KOta Solok ) – Pemerintah Kota Solok akan melakukan relokasi terhadap pedagang ikan yang berjualan di Jalan Lingkar Pasar Raya Solok ke Pasar Penampungan Sementara yang berlokasi di belakang Jalan Lingkar Koto Panjang, Senin (15/5).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Drs Dedi Asmar, Kasi Operasi Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Fera Zuana dan anggota, yang turun melakukan peninjauan lokasi tempat para pedagang ikan berjualan. Dari peninjauan itu para pedagang ikan terlihat menjajakan jualannya di kiri kanan jalan. Selain pedagang ikan di lokasi ini juga terlihat banyaknya pedagang sayuran yang juga turut berjualan di badan jalan.

Pemindahan pedagang ikan tersebut dilakukan karena keberadaan para pedagang tersebut di kiri kanan badan jalan ini kerap mengganggu arus lalu lintas yang berakibat kerapnya terjadi kemacetan dan menimbulkan bau tak sedap.

“Pemindahan pedagang ini hanya sebatas memfungsikan pasar yang sudah lama ada. Makanya pedagang yang bertahan berdagang di pinggir jalan ini kita pindahkan ke pasar yang ada. Sebab, jumlah pedagang ini sangat banyak yakni mencapai 81 pedagang,” ungkap Fera.

Rencana pemindahan pedagang di pasar ini diakui Fera Zuana tersebut tidak kesemuanya melainkan hanya memprioritaskan pedagang ikan saja. Ini dikarenakan lapak yang tersedia di pasar tersebut terbatas yakni sebanyak 48 lapak saja. “Jumlah pedagang terlalu banyak lapak terbatas. Jadi kita prioritaskan dulu pedagang ikan. Kenapa demikian, sebab pedagang ikan ini kan menimbulkan bau tak sedap, disisi lain mereka berjualan di pinggir jalan yang kecil sehingga mengganggu aktivitas lalu lintas,” terang Fera.

Untuk pemindahan pedagang ikan hari ini, Senin (15/5), dilakukan pencabutan undian lapak. Besok Selasa (16/5), semua pedagang ikan sudah pindah di pasar penampungan. Bagi pedagang yang tak mau pindah ke pasar penampungan akan dikenakan sanksi oleh pihak pasar.(SG)

%d bloggers like this: