Reinier Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Solok (MC Kota Solok) – Pasca kebarakan hebat yang menghanguskan 5 rumah semi permanen di Kota Solok Jumat lalu, di Jalan Dt Nan Sabatang, Air Mati, Kelurahan PPA, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok. Pemerintah Kota Solok menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Kelurahan Pasar Pandan Airmati, Senin (17/4).

Penyerahan bantuan langsung disampaikan kepada 10 Keluarga oleh Wakil Walikota Reinier, Anggota DPRD Kota Solok, turut hadir Kepala Dinas Sosial, Camat Tanjung Harapan, Kabag Humas dan Lurah PPA.

Pemilik rumah, adalah Uncu mesra (50) pemilik pabrik roti, Am (55), Popo(63), Eti (45), dan Nur (70). Petugas pemadam bersama warga terus berusaha memadamkan api sehingga tidak merembet lebih luas. Api benar –benar dapat dipadamkan setelah 1,5 jam, pada pukul 16.30, Jumat lalu.

Penyebab api dugaan sementara berasal dari arus pendek, sumber api dari salah satu rumah, namun masih belum dapat dipastikan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya kerugian materil yang ditaksir ratusan juta rupiah.

Wakil Walikota Solok Reinier didampingi sejumlah pejabat dan anggota DPRD, turun langsung ke lokasi guna memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban kebakaran. “Saya turut berduka atas musibah yang terjadi, namun jangan larut dalam kesedihan, semua harus bisa bangkit kembali, karena kejadian semacam itu tidak ada yang tahu kapan terjadinya, tetapi dapat dijadikan pelajaran agar kita bisa berhati-hati, kita harus mengambil hikmahnya, mungkin ini adalah cobaan dari yang Maha Kuasa, oleh sebab itu bagi para korban kebakaran harus tetap sabar dan terus tabah,” kata Reinier usai memberikan bantuan.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat itu antara lain, makanan pokok, obat-obatan, dan pakaian layak pakai,selimut dan peralatan dapur.  Namun, pihaknya mengharapkan, bantuan tersebut bisa sedikit meringankan beban para korban yang tertimpa musibah.

Pihaknya juga akan berupaya memberikan bantuan uang kepada setiap kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran melalui Dinas Sosial Kota Solok, “Ini merupakan ujian dari Allah SWT untuk umatnya, kita harus bersabar dan banyak berdoa agar Allah.SWT selalu memberikan hidayahnya kepada kita semua,”kata Wakil Walikota memberikan perhatian kepada korban untuk tetap kuat.

Selain itu juga beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Solok. Jika memang masyarakat ingin bepergian meninggalkan rumah walaupun sebentar, diharapkan agar terlebih dahulu mengecek ke dapur ataupun mematikan semua lampu yang ada di rumah. Apalagi, sekarang ini sering mati listrik secara bergiliran. “Kalau keluar rumah, tolong lilin yang dibakar itu dimatikan, karena itu sangat berbahaya,”himbau Reinier.(Van)