Warga ikut gotong royong hijaukan SDN 20 Sinapa Piliang

44Lubuk Sikarah-20150307-01011

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang hijau, bersama para murid SDN 20 Kelurahan Sinapa Piliang, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, sejumlah warga terlihat ikut bergotong royong menanam bunga dan tanaman pelindung lainnya di lingkungan sekolah tersebut.

Dengan terpilihnya SDN 20 Sinapa Piliang mewakil provinsi Sumatra Barat di tingkat nasional setelah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Barat, warga sekitar sekolah pun termotivasi menciptakan lingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka yang hijau dan rindang.

Kepala SDN 20 Sinapa Piliang, Leli Yulimarni mengatakan dukungan warga disekitar sekolah memang sangat diharapkan untuk meujudkan lingkungan sekolah yang hijau. Dukungan tersebut terlihat dengan ikutnya warga sekitar dalam bergotong royong di lingkungan SDN 20 Sinapa Piliang tersebut.

Selain menggiatkan penghijauan lingkungan sekolah yang menghantarkan SDN 20 Sinapa Piliang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi dan sekaligus mewakili Sumatra Barat di tingkat nasional, SDN 20 Sinapa Piliang juga telah memiliki rumah kompos. Melalui rumah kompos ini, para murid dapat mengolah sampah menjadi pupuk serta barang berguna lainnya.

Untuk menjaga kebersihan dilingkungan sekolah, Leli mengatakan setiap kelas mempunyai polisi kebersihan yang berasal dari para murid. Mereka bertugas mengawasi murid lainnya agar tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dimaksudkan agar para murid dapat terlibat langsung dan menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Lebih lanjut Lili mengharapkan kegiatan para murid ini akan menjadi pelopor ditengah-tengah masyarakat untuk memanfaatkan sampah menjadi barang berguna sebagai penambah penghasilan serta terciptanya lingkungan yang bersih. (IPS-K02)