1 Muharram 1440 H, Kota Solok Gelar Pawai Semarak Muharram

1 Muharram 1440 H, Kota Solok Gelar Pawai Semarak Muharram

Solok, (InfoPublikSolok) – Semarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Pemerintah Kota Solok menggelar Pawai Semarak Muharram.  Pawai diikuti oleh ratusan pelajar MDA/TPA  dan Kelompok Majlis Takim dan TP-PKK se- Kota Solok. Para peserta Pawai berkumpul di halaman Kantor  Balai Kota menuju Mesjid Agung Al Muhsinin, Selasa (11/9) pukul 06.30 pagi WIB.

Walikota Solok, Zul Elfian turut serta berjalan kaki bersama dengan peserta pawai bersama dengan Sekretrasis Daerah, Rusdianto, Ketua MUI Kota Solok, H. Afrizal Thaib, Kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Burhanuddin Chatib dan seluruh jajaran OPD Pemko Solok.

Tepat Pukul 07.30 WIB Pawai dimulai dari Halaman Kantor Balai Kota Solok – Simpang Poliguna – Pasar Raya –  Air Mati –  berakhir di Mesjid Agung Al Muhsinin. Para peserta pawai terlihat antusias berjalan kaki sambil mengumandangkan syair-syair Islam serta salawat. Masyarakat  ikut menyaksikan  dengan berdiri di sepanjang rute pawai.

“Pawai dalam rangka memperingati tahun baru Islam ini merupakan salah satu bentuk manifestasi atas kesungguhan kita menganggungkan kebesaran Islam, karena Islam adalah  pedoman hidup. Dengan tahun baru ini, mendorong semangat hijrah  menuju perubahan dan kemajuan sehingga terwujudnya Kota Solok Kota Serambi Madinah, ujar Walikota sebelum upacara pelepasan.

Walikota juga mengajak seluruh warga Kota Solok, menyambut  tahun baru Islam dan mengisinya  dengan hal-hal yang positif serta melihat  perbuatan yang telah lalu, sebagai renungan.

“Marilah kita lihat lembaran-lembaran yang telah lalu, jadikanlah hal itu pengalaman dan bahan instropeksi, yang baik dapat kita ambil dan mana yang buruk dibuang serta dijadikan pelajaran, bertekad  agar menjadi insan lebih baik lagi,” tutur Zul Elfian.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Kota Solok, Afrizal Thaib mengatakan bahwa Momen tahun baru islam ini menuntut kita untuk Hijrah ke arah yang lebih baik.

“bila sebelumnya tidak sholat berjamaah, kini kita hijrah menjadi selalu berjamaah, bila tidak mau ke mesjid, hijrah untuk selalu ke mesjid, bila tidak terbiasa membaca al qur’an, hijrah menjadi terbiasa membaca Alquran,” tuturnya. (BAO)

Tags: , ,