Hari Pertama, 1143 Peserta Seleksi CPNS Kota Solok Ikuti CAT-SKD

Hari Pertama, 1143 Peserta Seleksi CPNS Kota Solok Ikuti CAT-SKD

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) selenggarakan Computer Assisted Test – Seleksi Kompetensi Dasar (CAT-SKD) bagi ribuan peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Solok Tahun 2018, Selasa (6/11) di gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok. CAT-SKD dibagi ke dalam tiga kelompok soal, diantaranya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal dan Tes Karakter Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal. Total 100 buah soal dalam waktu ujian selama 90 menit.

Berbeda dari tahun sebelumnya, test CPNS tahun 2018 untuk wilayah Sumatera Barat diselenggarakan di tiga titik wilayah yakni di Kota Padang, Kota Solok dan Kota Bukittinggi. Lokasi tes wilayah Kota Solok diselenggarakan di Kubuang Tigo Baleh bagi peserta CPNS Pemerintah Kota Solok, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.

Seperti yang dilansir pada berita sebelumnya tanggal 6 dan 7 November dijadwalkan tes bagi peserta CPNSD Pemerintah Kota Solok, Kabupaten Solok mendapat jadwal ujian dari tanggal 7 November hingga 12 November, selanjutnya jadwal Kabupaten Sijunjung dari tanggal 12 sampai 13 November. Selanjutnya untuk Kabupaten Dharmasraya tanggal 13 hingga 17 November dan diakhiri oleh Pemerintah Kota Sawahlunto pada tanggal 17 sampai 18 November 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solok, Ir. Hendaukhtri saat ditemui di lapangan mengatakan, hari ini merupakan pelaksanaan perdana bagi wilayah Kota Solok. Tes dibagi menjadi 4 (empat) sesi dimana masing-masing sesi diikuti oleh 290 orang, besok juga 4 sesi sedangkan untuk hari selanjutnya dilaksanakan sebanyak 5 sesi, tambah Ibu yang akrab dipanggil Dati ini.

Tes tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, lanjut Hendaukhtri. Lokasi Tes benar-benar steril dari orang-orang daerah (PNS Daerah-Red), Panitia Daerah hanya mendapatkan akses untuk persiapan ujian, mulai dari registrasi manual, registrasi online hingga peserta masuk ke ruangan tes. Setelah memasuki ruangan, peserta hanya boleh berkomunikasi dengan Pengawas ujian, yakni PNS BKN Regional XII Pekanbaru yang ditugaskan untuk mengawasi CAT-SKD untuk Wilayah Kota Solok sebanyak kurang lebih 10 (sepuluh) orang. Sedangkan biaya tes ini dianggarkan oleh Pusat dengan ditambah cost sharing dari masing-masing daerah yang membuka formasi CPNS.

Tim Info Publik Solok (IPS) juga sempat mengamati proses atau aktivitas peserta tes hingga memasuki ruangan. Sebelumnya peserta melakukan registrasi manual, pada tahap ini panitia mencocokkan foto KTP dengan foto kartu ujian, sekaligus memastikan kehadiran peserta dengan menandatangani daftar hadir. “KTP dan kartu ujian merupakan dua kartu yang tidak boleh terlupakan bagi peserta. Namun KTP dapat diganti dengan Kartu Keluarga,” ujar salah seorang panitia saat diwawancarai.

Selanjutnya peserta melakukan registrasi online, pada tahap ini peserta mendapatkan pin untuk masuk ke sistem CAT. Setelah itu peserta memasuki ruangan simulator, disana peserta juga mendapatkan gambaran mengikuti CAT. Terakhir peserta diminta memasuki ruangan tes, namun sebelumnya panitia memastikan peserta hanya dibolehkan membawa KTP dan kartu ujian saja dan bagi peserta yang masih membawa tas, panitia menyediakan tempat penyimpan tas (loker). Sebelum melakukan tes, peserta diberikan pembekalan dan penjelasan untuk mengikuti tes.

Pelaksanaan tes hari pertama, Selasa (6/11), dari 1160 orang peserta terdapat 17 orang yang tidak hadir mengikuti tes, dengan rincian 1 orang pada sesi pertama, 2 orang pada sesi kedua, 6 orang sesi ketiga dan 8 orang pada sesi keempat. (eg)

Tags: , , , , ,