Banjir kembali melanda Kota Solok

img-4928

SoLok-Tingginya curah hujan yang melanda Kota Solok selama tiga hari berturut-turut, mengakibatkan Sungai Batang Lembang meluap. Menurut data yang dihimpun pihak BPBD Kota Solok, banjir tersebut merendam ribuan rumah yang terdapat di 12 kelurahan. Beberapa orang saksi mata menyebutkan, peningkatan debit air sudah mulai terlihat pada sekitar pukul tiga pagi hari Senin, 8 Februari 2016.

Terkait dengan hal tersebut, pihak pemerintah Kota Solok memberlakukan “darurat bencana” hingga hari Jumat (12/2/16) Mendatang. PJ Walikota Solok, Asrizal Asnan segera membentuk tim guna menanggulangi warga yang nmenjadi korban. Setidaknya, pada hari Senin pagi tersebut ia dan tim tanggap bencana melakukan peninjauan ke rumah-rumah warga. Hal tersebut dilakukan guna mengumpulkan informasi terkait dengan kebutuhan warga saat itu. Perkara kebutuhan makanan serta tempat berteduh menjadi persoalan yang banyak dikeluhkan warga, mengingat sampai hari selasa, hujan masih terus mengguyur Kota Solok meski dengan intensitas yang sudah mulai turun.

Terkait dengan hal tersebut, pihak pemerintah Kota Solok membuat dapur Umum yang bertempat di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. Nantinya, hasil dari dapur umum tersebut akan segera didistribusikan kepada warga yang menjadi korban banjir. Selain itu, sejumlah warga lainnya juga sudah membuat dapur umum di sejumlah kelurahan dengan sistem swadaya. Setidaknya warga Kota Solok sudah belajar dari kejadian banjir yang melanda Kota Beras tersebut sebelumnya. Banjir serupa juga pernah terjadi pada tahun 2015 silam dengan dampak yang lebih besar.

Asrizal Asnan juga merasa sedih perihal bencana yang kerap melanda Kota Solok tersebut. Namun demikian ia berharap agar warga dapat bersabar menghadapi cobaan yang melanda. Ia juga segera melakukan rapat tertutup dengan jajarannya terkait penanggulangan bencana kali itu dan penindakan antisipasi agar hal tersebut tidak terulang nantinya.