Bundo Kanduang Bimbing Siswa SMK N 3 Memasak Makanan Tradisional Khas Solok

Bundo Kanduang Bimbing Siswa SMK N 3 Memasak Makanan Tradisional Khas Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Bundo Kanduang Kota Solok bimbing siswa SMKN 3 Solok memasak masakan tradisional khas Solok. Kegiatan yang berlangsung dua hari (24 dan 25 /9/18 digelar di Gedung Work Shop Kuliner SMKN setempat  dengan tema “Pelatihan Memasak Masakan Tradisional, kita lestarikan kuliner khas Kota Solok”.

Acara yang dibuka Kepala Dinas Pariwisata diwakili oleh Kabid Budaya dan Promosi Pariwisata, Hernenti Saher, SH dihadiri Kepala SMK N 3 Solok, Wakasek Humas dan Bundo Kanduang Kota Solok yang diikuti 35 orang peserta siswa Program Studi Kuliner SMK N 3 Solok.

Kegiatan yang merupakan kerjasama Dinas Pariwisata dan Bundo Kanduang Kota Solok ini bertujuan untuk melestarikan masakan/kuliner tradisional khas Kota Solok agar tidak hilang sejalan dengan semakin berkembangnya makanan cepat saji. “Adapun masakan khas Solok yang diajarkan adalah Karucuik Baluik, Randang, Panyaram Pisang, dan wajik. Hal ini untuk kembali memasyarakatkan masakan tradisional kepada generasi muda,” kata Melda Murniati Ketua Bundokandung Kota Solok menjelaskan.

Kepala SMKN 3 Solok diwakili  Wakasek Kurikulum Desi Marlisa S.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Bundo Kanduang Kota Solok karena telah memberikan  kesempatan kepada siswa program studi kuliner SMK N 3 Solok untuk mengikuti pelatihan memasak makanan tradisional khas Solok. Karena selama ini sekolah kejuruan ini hanya mempelajari khas nusantara, sementara masakan tradisional khas Solok masih ada sebagian generasi muda yang tidak mengenal. Untuk itu merasa perlu memasyarakatkannya, tukuknya lagi.

Kepala Dinas pariwisata diwakili Hernenti sambutannya mengatakan memberi apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bundo Kanduang yang selalu berperan aktif dalam berbagai kegiatan di Kota Solok. Kegiatan hari ini merupakan bentuk peran nyata Bundo Kanduang dalam melestarikan masakan tradisional khas Kota Solok. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat berlanjut sehingga kuliner khas Solok tetap terjaga,” ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung para siswa tampak antusias saat mendengarkan arahan dan bimbingan dari Bundo Kanduang dalam membuat masakan tradisional tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama. (ta)

Tags: , , , , ,