Dekranasda Sumbar Kunjungi Dekranasda Kota Solok

Dekranasda Sumbar Kunjungi Dekranasda Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat kunjungi Kota Solok untuk melakukan identifikasi pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) bimtek desain kerajinan, di Gazebo Rumah Dinas Walikota Solok, Jumat (29/6).

Rombongan yang dipimpin Ketua Dekranasda Sumbar diwakili Ir. Nasrizal, MM melakukan pembinaan terhadap puluhan UKM yang dihadiri Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solok Drs. Dedi Asmar, Ketua GOW Kota Solok Ny. Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny. Ria Rusdianto serta para pelaku UMKM di Kota Solok.

Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti sambutannya mengatakan, Kota Solok saat ini sedang berusaha mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Salah satu caranya, Kota Solok tahun lalu telah mengadakan lomba desain batik yang berhasil menghasilkan 110 desain motif batik. Selain itu, guna mengembangkan UMKM di Kota Solok, Dekranasda juga mempromosikan batik khas Kota Solok untuk digunakan sebagai pakaian dinas resmi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Solok.

“Alhamdulillah, sampai saat ini sudah 3.460 seragam batik khas Kota Solok telah digunakan oleh PNS Kota Solok sebagai pakaian dinas resmi pada Hari Kamis,” ujarnya.

Selanjutnya, juga dibuka Outlet Dekranasda Kota Solok yang berlokasi di Lobby Kantor Balaikota Solok. “Ini juga merupakan salah satu cara tercepat mempromosikan hasil kerajinan UMKM Kota Solok,” ujar Ny. Zulmiyetti.

Sementara itu, Ir. Nasrizal menyebutkan, apa yang telah dilakukan oleh Dekranasda Kota Solok sejak tahun 2016 sudah mulai menunjukkan hasilnya, Hal itu sangat membanggakan, “Dekranasda Kota Solok sudah bisa membuktikan, hasilnya sudah terpakai bagi PNS dan organisasi di Kota Solok,” sebutnya.

Tentu saja, ini menunjukkan keseriusan Dekranasda Kota Solok melakukan kegiatan yang positif dan sesuai dengan potensi yang ada, guna menumbuh kembangkan UMKM Kota Solok.

“Kedepan, UMKM Sumatera Barat akan didorong melakukan pengembangan desain, karena tren desain senantiasa berubah dan mengikuti perkembangan zaman,” tutupnya. (dn).

Tags: , , , , ,