Dinas Kesehatan Sosialisasikan Program PSC 119 Smash Care’s Kota Solok

Solok (InfoPublikSolok) –  Dinas kesehatan menyelenggarakan sosialisasi Program PSC 119 Smash Care’s (Solok Madinah Sehat Cara Revolusi Sehat) bagi warga Kota Solok, bertempat Aula Dinas Kesehatan Kota Solok, Jum’at (06/4).

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok yang diwakili oleh Kepala Bidang Promosi, Pelayanan, dan Sumber Daya Kesehatan dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes. Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 240 orang yang terdiri dari Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat yang ada di Kota Solok.

PSC 119 Smash Care’s merupakan program unggulan Pemerintah Kota Solok karena merupakan Visi dan Misi Kota Solok, dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang paripurna dan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Solok.

Dalam pemaparannya dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes menjelaskan bahwa “Sosialisasi Program PSC 119 Smash Care’s ini bertujuan untuk memberikan memahami tata cara menggunakan layanan PSC 119 Smash Care’s, apabila ada anggota keluarga yang mengalami kegawat daruratan medik”, kata kabid.

“Target dari pada Program Smash Care’s ini yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, mendekatkan akses pelayanan melalui pelayanan langsung dan pendekatan keluarga”, ungkap dr Rahmi.

Smash Care’s merupakan pelayanan kesehatan kunjungan rumah 24 jam yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga ditempat tinggal mereka yang bertujuan untuk memberikan penanganan langsung kasus kegawat daruratan medik yang terjadi di masyarakat.

Program Smash Care’s ini terbagi menjadi dua kriteria untuk melaksanakan pelayanan yaitu kriteria pelayanan umum adalah semua penyakit yang dialami pasien dan tidak sempat mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk pasien dengan pasca stroke, penyakit degenerative (hipertensi), luka diabetic, luka pasca bedah, dan penyakit tidak menular lainnya dan kriteria pelayanan khusus adalah semua pasien dengan kondisi emergency (gawat darurat).

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta dukungan keluarga, masyarakat, dan pemerintah terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan di Kota Solok. Untuk itu kami mengharapkan pada acara ini nantinya bisa memanfaatkan program smash care’s ini untuk keluarga maupun masyarakat yang membutuhkan pertolongan segera dari pelayanan kesehatan”, tutup dr Rahmi. (ig).