Dinas Kesehatan Tingkatkan Kapasitas Kader/TOMA se-Kota Solok Tentang Ibu Hamil Resti

Solok (MC Kota Solok) – Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader/TOMA (Tokoh Masyarakat) se-Kota Solok Tentang Ibu Hamil Resti (Resiko tinggi), di Aula Dinas Kesehatan setempat, Kamis (28/9). Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid Kesmas dan P2P) dr. Peppy Ledy Soffiany dihadiri oleh Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kasi Kesga dan Gizi) dan 100 orang Kader/Toma. Narasumber pertemuan ini adalah Asfri yenni, S.Si.T dan Neneng Susanti, SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan sebagai Narasumber Ahli dari RSUD Solok yaitu dr. Helwi Novira, Sp.OG(K).

Kabid Kesmas dan P2P dr. Peppy Ledy Soffiany dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kehamilan yang memiliki resiko/bahaya yang lebih besar pada waktu kehamilan maupun persalinan bila dibandingkan dengan ibu hamil normal. Dari berbagai faktor yang sering kali menjadi suatu penyebab utama resiko tinggi adalah usia ibu hamil yang terlalu muda/tua saat hamil dan memiliki riwayat kelainan saat melakukan persalinan atau pada masa kehamilan. Pada masa kehamilan yang berhubungan dengan ibu hamil resti tidak hanya berdampak buruk pada sang ibu saja akan tetapi juga berdampak buruk bagi si calon bayi yang dikandungnya ujar dr. Peppy.
Pada kesempatan ini dr. Peppy juga mensosialisasikan tentang Jampersal (Jaminan Persalinan). Jampersal ini dapat diberikan pada masyarakat jika memenuhi persyaratan sebagai berikut : (1) berasal dari keluarga yang tidak mampu, (2) Tidak mempunyai Jaminan Kesehatan sama sekali, dan (3) Memiliki KTP dan KK Kota Solok.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber pertama Asfri Yenni, S.Si.T adalah tentang P4K ( Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi). Neneng Susanti, SKM selaku narasumber kedua menjelaskan tentang Peningkatan Pemberdayaan Kader dalam Pelaksanaan Kelas Ibu. Kelas ibu yang maksud disini adalah Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita. Sementara itu narasumber Ahli dr. Helwi Novira, Sp.OG(K) menjelaskan tentang Ibu Hamil Resti. (JTY)

%d blogger menyukai ini: