Permudah Proses Persuratan, Kominfo Hadirkan Aplikasi “Sinadine”

Permudah Proses Persuratan, Kominfo Hadirkan Aplikasi “Sinadine”

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok (Diskominfo) selenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Naskah Dinas Elektronik (Sinadine) bagi 75 orang admin perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Solok bertempat di Lantai II Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (12/9).

Bimtek yang  tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Kadis Kominfo Kota Solok Zulfadli, dengan narasumber Lusya Adelina Sekretaris Diskominfo dan Roberto Oskar Programmer Diskominfo Kota Solok. Bimtek Sinadine dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12 s/d 13 September 2018.

Kabid Penguatan Kapasitas Sumberdaya Komunikasi dan Statistik Diskominfo Kota Solok Zulfahmi dalam laporannya mengatakan “Bimtek Sinadine ini bertujuan untuk  mengenalkan serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Aparatur, khususnya admin perangkat daerah dalam penggunaan aplikasi Sistem Naskah Dinas Online. Diharapkan setiap admin memahami tugas dan tanggung jawab sebagai administrator sistem serta dapat membantu mensosialisasikan sistem ini dilingkungan Perangkat Daerah masing-masing,” harapnya.

Kadis Kominfo Zulfadli mengatakan dengan adanya aplikasi Sinadine ini, akan mempermudah penyelenggaraan administrasi umum di masing-masing Perangkat Daerah, mempersingkat jalur birokrasi, Ia berharap agar para peserta mengikuti Bimtek ini dengan baik agar proses persuratan di OPD menjadi lebih mudah (user friendly), efektif dan efisien.

Sekretaris Diskominfo dalam pemaparannya menjelaskan aplikasi Online Sinadine (sinadine.solokkota.go.id) dibangun dan dikembangkan oleh Diskominfo Kota Solok dengan mengacu kepada aturan tata naskah dinas yang berlaku. “Aplikasi Sinadine akan mempermudah administrasi persuratan dilingkungan Pemerintah Kota Solok serta efisiensi waktu dan anggaran,” jelas Lusya.

Roberto Oskar menyampaikan materi tentang tatacara pengunaan Aplikasi SINADINE. Aplikasi SINADINE memiliki futur-fitur E-SPJ, Surat Dinas dan Kepegawaian. E-SPJ yang meliputi E-SPPD, Blanko Kwitansi, SPJ Lembur, SPJ Survey/Monitoring dan Bon Pesanan. Fitur Surat Dinas berguna untuk pembuatan Telaah Staf, Nota Dinas, Surat Perintah Tugas, Surat Undangan, Surat Biasa, Surat Kuasa, Surat Edaran dan Pengumuman. Sedangkan fitur Kepegawaian dapat digunakan untuk pembuatan Surat Izin Cuti dan KP4.

“Aplikasi Online SINADINE ini sebuah terobosan yang sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi kita dalam pembuatan administrasi persuratan, kepegawaian dan pertanggungjawaban keuangan (SPJ) dalam pelaksanaan kegiatan. Diharapkan sosialisasi untuk penggunaan aplikasi ini dapat dilanjutkan bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Solok,” ungkap Elvis Wiradinata admin dari Kantor Camat Tanjung Harapan. (eg/re)

Tags: , , , , , , , , , , ,