Kelompok Dasawisma Mendapatkan Bantuan Alat Pengolahan Pangan Lokal

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka peningkatan  jumlah produksi pangan lokal di Kota Solok, Dinas Pangan  menyerahkan bantuan alat-alat  pengolahan pangan lokal kepada perwakilan Kelompok Dasawisma Jambu dan Bougenvile yang bertempat di Dinas Pangan Kota Solok, Kamis (31/5).

Kepala Dinas Pangan Kota Solok dalam sambutannya mengatakan “penyerahan bantuan ini diharapkan menjadi stimulan bagi pelaku usaha untuk lebih meningkatkan produksi pangan lokal dan alat tersebut bisa berfaedah hendaknya”, kata Ir.Ikhvan Marosa.

Kegiatan tersebut merupakan agenda Dinas Pangan Kota Solok dalam meningkatkan kemauan dan minat pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kualitas dan jumlah pangan lokal. Kelompok penerima alat pengolahan pangan lokal ini adalah Dasawisma Jambu Kelurahan  Sinapa Piliang, dimana diwakili oleh Yasmita dan Anis dan Dasawisma Bougenvile 14 Kelurahan PPA yang diwakili oleh Ardeti dan Halmi, sehingga total jumlah penerima adalah 4 orang.

Kabid Penganekaragaman, Konsumsi dan Keamanan Pangan menjelaskan “kelompok yang menerima bantuan ini harus memiliki kriteria yaitu harus pelaku usaha yang bergerak dibidang pengolahan pangan lokal, tergabung dalam anggota Dasawisma di Kota Solok, dan yang bersangkutan  berminat meningkatkan produksi usaha, namun terkendala peralatan yang belum memadai”, jelas Ir.Yubidarlis.

Adapun bantuan peralatan yang diserahkan kepada masing-masing masyarakat dalam bentuk blender, impuls sealer, kuali besar, penggiling manual, ampia, mesin penggiling ubi, spiner masing-masing 1 (satu) unit.

Lebih jauh Kepala Dinas Pangan mengharapkan, “kedepannya akan terlahir produk-produk lokal unggulan untuk menunjang tahun kunjungan ke Kota Solok tahun 2020, sehingga ada spesifik pangan lokal yang berbeda dengan daerah lain yang didapatkan  orang yang datang ke Kota Solok”, harapnya. (ra).