Dinas Sosial Antarkan Lansia Terlantar Ke Panti Sosial Tresna Werdha Sicincin

Dinas Sosial Antarkan Lansia Terlantar Ke Panti Sosial Tresna Werdha Sicincin

Sicincin, (InfoPublikSolok) – Dinas Sosial Kota Solok mengantarkan seorang Lanjut Usia (Lansia) berumur 71 tahun atas nama Teddy R Suhatsyah ke Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih, Sicincin Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (15/8).

Respon cepat dari Dinas Sosial ini merupakan tindak lanjut laporan Lurah VI Suku perihal Penyampaian Lansia Terlantar kepada Dinas Sosial Kota Solok.

Nemi Satrina, AKS, Kasi Bansos Dinas Sosial menyatakan ada laporan dari Petugas Sosial Masyarakat (PSM) VI Suku dan Lurah VI Suku tentang adanya Lansia terlantar yang sehari-hari berada di Pangkalan Ojek Simpang Sigege VI Suku.

“Dari laporan itu kami melihat ke lapangan ternyata benar ditemukan seorang Lansia dengan panggilan mak etek,” kata Nemi.

Nemi menyebutkan untuk mengantarkan Lansia tersebut terlebih dahulu Dinas Sosial mengkonfirmasi kesediaan dan kesanggupan pihak Panti untuk menerima Lansia tersebut.

“Konfirmasi tersebut mendapatkan informasi bahwa pihak Panti siap menerima calon penghuni tersebut,”  ungkapnya.

Dalam perjalanan menuju Panti Tresna Werdha, Sabai Nan Aluih, mak etek (Pak Teddy) bercerita kisah kehidupannya hingga terlantar seperti ini.

mak etek mengucapakan tarimokasih banyak kepada Dinas Sosial nan alah mambantu dalam proses ketelantaran saya ini,” ucapnya dengan nada lirih.

Salah satu Petugas Dinas Sosial Kota Solok, Muhammad Rafi, yang ikut mendampingi pengantaran mak etek ke Sicincin berusaha memberikan dorongan semangat dan perhatian agar mak etek tetap bersabar dan tetap semangat kelak saat telah berada di Panti.

Penyambutan diterima oleh Syamsidir, SH, Kasi Pelayanan Perawatan dan Pembinaan, UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih.

Syamsidir menyampaikan bahwa para Lansia miskin dan terlantar diberikan kegiatan yang telah terjadwal seperti sholat berjemaah, senam pagi serta kegiatan Panggung Gembira bagi warga Panti yang mempunyai hobby seni musik, sehingga disini mereka menpunyai kesibukan yang telah terjadwal.

Kemudian Syamsidir menambahakan para Lansia diberikan pelayanan kesehatan yang siap siaga melayani setiap hari.

“Sementara untuk pelayanan dokter juga telah difasilitasi oleh Kementerian Sosial yang datang setiap hari Rabu,” pungkasnya. (mr)

Tags: , , , ,