Sosialisasi Pos Penyuluhan Desa

Sosialisasi Pos Penyuluhan Desa

Solok, (InfoPublikSolok) – Penyuluhan pertanian merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan pertanian. Pemerintah terus mencari formula agar penyuluhan ke petani berjalan efektif dan efesien. Sejak terbitnya Undang-Uandang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan telah banyak jurus yang diluncurkan oleh pemerintah. Salah
satunya adalah keberadaan Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa).

Untuk mensosialisasikan keberadaan Posluhdes ini maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat melakukan Sosialisasi Posluhdes pada tanggal 31 Mei 2018 bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok. Berindak selaku Nara Sumber Ir. Salman El Farisi, MP. dan Agustiar, SP., MP. Dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ir. Kusnadi, MM dan dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang, Kasubag, Kepala Seksi dan Kepala UPTD. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Penyuluh Pertanian dan staf yang ada di Dinas Pertanian Kota Solok yang berjumlah 20 orang.

Posluhdes mutlak dibentuk dalam sistem penyuluhan agar penyuluhan lebih terarah dan terfokus. Pembentukan Posluhdes sendiri dilakukan oleh pelaku utama yaitu petani dan pelaku usaha sektor pertanian dan didampingi oleh penyuluh pertanian wilayah kerja. Selayaknya organisasi pada umumnya, Posluhdes memiliki struktur organisasi seperti ketua, sekretaris dan bendahara. Ketua dipilih secara demokratis oleh pelaku utama di desa/nagari/kelurahan setempat. Letak Posluhdes sendiri berada di Kantor Desa/Lurah setempat yang berkoordinasi dengan Kepala Desa/Wali Nagari/Lurah.

“Dengan keberadaan Posluhdes di setiap desa/nagari/kelurahan maka setiap kegiatan penyuluhan di wilayah itu diketahui oleh Kepala Desa/Wali Nagari/Lurah baik itu dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan anggaran penyuluhan ini masuk ke anggaran dana desa yang terletak di masing-masing desa,” demikian disampaikan oleh Ir. Salman El Farisi selaku nara sumber.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan penyuluhan pertanian selaku berkembang sesuai kebutuhan dan situasi kekinian. Untuk itu diharapkan seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik (fa).

Tags: , , , , , ,