Dinkes Gelar Sosialisasi Advokasi PHBS di Kota Solok

Dinkes Gelar Sosialisasi Advokasi PHBS di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan menyelenggarakan sosialisasi advokasi kebijakan PHBS dengan peserta sebanyak 25 orang yang merupakan utusan dari  Kelurahan serta perwakilan OPD, acara ini dilaksanakan di aula Bappeda Kota Solok, Senin (03/9). Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Dra. Dessy Syafril, Apt. MPH, didampingi  Kepala Bidang PPSDK, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes beserta staf. Narasumber pada acara ini yaitu Staf Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Liliyarni, MKM serta dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kota Solok.

Dalam sambutannya Dra. Dessy Syafril menyampaikan tujuan dari acara advokasi ini nantinya kita bisa mengetahui tentang PHBS dan apa saja indikatornya serta bagaimana cara penerapannya di unit kerja masing-masing. Kami sangat mengharapkan  dukungan dari semua stakeholder yang ada, mengingat  pada Tahun 2018 ini Kelurahan Sinapa Piliang  meraih juara 1 Tingkat Nasional dalam acara PKK-KB KES terutama bagian PHBS, sehingga kita harus bisa mempertahankan posisi dan siap menerima kunjungan dari daerah lain yang akan belajar tentang PHBS ke Kota Solok.

Narasumber menyampaikan tentang tujuan dari GERMAS, dan  mengenai  keluarga sehat beserta indikatornya serta tips mengenai menjaga kesehatan keluarga. Hal ini dijabarkan secara panjang lebar oleh  Liliyarni, MKM. Materi selanjutnya  oleh dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes dimana beliau menjelaskan tentang untuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai dengan lima tatanan yakni tatanan dirumah tangga, tatanan perkantoran, tatanan sekolah, tatanan tempat umum dan tatanan disarana kesehatan. Kemudian ia juga menyinggung mengenai PHBS dan manfaat dari PHBS itu. Melalui advokasi PHBS ini diharapkan seluruh pihak terkait  di Pemerintah Kota Solok dapat memberikan masukan dalam pembuatan  kebijakan yang berkaitan dengan indikator PHBS sehingga menguatkan upaya edukasi dan memberdayakan  masyarakat dalam penerapan indikator PHBS tersebut. (ig)

Tags: , , , , ,