Dinkes Latih Kader Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam

Solok, (infoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Kader Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam. Acara pelatihan ini dilaksanakan dua hari dari tanggal 23 s/d 24 Agustus 2018 di Aula Sekretariat Forum Kota Sehat. Narasumber pelatihan, Esinelya, SKM, Staf Seksi Kesga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Solok.

“Tujuan pelatihan ini diadakan pada Kader yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Posyandu di wilayah Puskesmas Tanah Garam agar mencagah terjadinya masalah kesehatan pada bayi maupun Balita yang ikut hadir pada kegiatan Posyandu,” kata Esinely dalam materinya pada hari pertama pelatihan, Kamis (23/8).

“Tugas Kader pada Posyandu ini yaitu mempersiapkan pelaksanaan Posyandu (H-1), pelaksanaan di lapangan, dan kegiatan diluar hari bukan Posyandu” sambungnya.

Esinelya menyebut Posyandu merupakan sarana penting dalam masyarakat yang mendukung upaya pencapaian keluarga sadar gizi, membantu penurunan angka kematian dan kelahiran serta mempercepat penerimaaan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Lebih lanjut, Kegiatan di Posyandu meliputi kegiatan Pemantauan Pertumbuhan yang diintegrasikan dengan Pelayanan imunisasi untuk pencegahan penyakit, Penanggulangan Diare, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Pelayanan Kontrasepsi hingga Penyuluhan dan Konseling.

Dalam hal pemantauan pertumbuhan Balita yang erat kaitannya dengan gizi, diperlukan sarana yang cukup dan memadai, proses dalam pengumpulan data yang benar serta pencatatan dan pelaporan yang benar dan tepat waktu.

“Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan saat penimbangan massal baik bulan Februari maupun Agustus 2018, masih ditemukan masalah/ kendala dalam pelaksanaan kegiatan ini” ungkapnya.

Esinelya, menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan pertumbuhan yaitu bertambahnya fisik dari waktu ke waktu seperti anak bertambah berat badan, panjang badan, dan tinggi badan. Sedangkan perkembangan yaitu berkembangnya fungsi tubuh (psikomotor, mental dan sosial) seperti anak dari berbaring mampu duduk, berdiri, berjalan, berbicara, bermain dan bersosialisasi.

“Yang dikatakan anak pada masa pertumbuhan yakni anak sehat bertambah umur, bertambah berat badan dan tinggi badan, setiap anak mempunyai garis pertumbuhan tetapi berbeda-beda, anaka akan tumbuh mengikuti pola pertumbuhan normalnya, pertumbuhan anak diukur dengan menggunakan KMS (buku KIA), dan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan berbeda.” pungkasnya.

Dengan pelatihan ini dilaksanakan, diharapkan natinya Kader Posyandu yang telah dilatih dapat mengetahui serta mengembangkan bagaimana keterampilan Kader pada saat persiapan Posyandu yang akan dilaksanakan serta mengetahui apa saja masalah dan kendala yang mungkin terjadi nantinya pada saat Posyandu.

Pelatihan Kader dihadiri oleh 50 orang Kader Posyandu yang ada pada lingkungan kerja Puskesmas Tanah Garam seperti Kelurahan Tanah Garam, VI Suku dan Sinapa Piliang. (ig)