Disdukcapil Lakukan Validasi Data Kependudukan Melalui Petugas IPSM

Disdukcapil Lakukan Validasi Data Kependudukan Melalui Petugas IPSM

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka pelaksanaan program GISA (Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan) yaitu sadar pemutakhiran data penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok melaksanakan Rapat Verifikasi dan Validasi Data Kependudukan yang diikuti oleh petugas IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) yang telah ditunjuk oleh Walikota di Aula Bappeda, Jum’at (5/10).

Rapat yang dibuka oleh Kepala Dinas Dukcapil, Drs. Syaiful A, dan menyampaikan rincian tugas yang harus dilaksanakan oleh petugas IPSM yaitu mengedarkan dan membagikan Kartu Keluarga (KK) Putih kepada Kepala Keluarga pada masing-masing Rukun Tetangga (RT) untuk diverifikasi dan divalidasi datanya, kemudian mengumpulkan kembali KK putih yang telah dikoreksi, dan dicek kebenaran datanya lalu menyampaikan KK putih tersebut kepada tim teknis Dinas Dukcapil Kota Solok.

Syaiful juga menyampaikan data jumlah penduduk per- Juni 2018 dan juga data jumlah wajib KTP-el dan akta kelahiran yang diterbitkan dan jumlah masyarakat yang telah melakukan perekaman KTP-el serta ketersediaan blanko KTP-el.

“Angka-angka ini menjadi sangat penting untuk disampaikan, karena 30 hari kedepan angka-angka inilah yang akan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dapat melakukan verifikasi dan validasinya dilapangan, sehingga kumpulan informasi yang akan kita dapatkan nantinya akan menjadi data yang valid/teruji sebagai tolak ukur arah perencanaan pembangunan di Kota Solok,” tambah Syaiful.

Setelah rapat validasi dan verifikasi data kependudukan ini selesai, maka petugas IPSM akan langsung melaksanakan tugas mereka masing-masing pada wilayah kerja kecamatan dan kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Solok. (am)

Tags: , , , ,