Disdukcapil Selenggarakan Pelayanan Langsung Akta Kelahiran

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok menyelenggarakan pelayanan langsung untuk memaksimalkan layanan pengurusan Akta Kelahiran bagi masyarakat yang belum memiliki Akta Kelahiran, ataupun bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan lainnya.

Pelayanan langsung yang dibagi menjadi 4 (empat) tim ini, dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus hingga 5 Oktober mendatang berlokasi di SDN 4 IX Korong, SDN 18 Sinapa Piliang, SDN 20 Sinapa Piliang dan SDN 13 Simpang Rumbio dan Kelurahan Nan Balimo.

Kegiatan Pelayanan langsung ini adalah tindak lanjut Surat Edaran Mendagri Nomor 472.11/4954/SJ tentang Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Dikalangan Anak Usia 0-18 Tahun.

Menurut Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap anak yang lahir berhak memperoleh identitas dan status hukum melalui akta kelahiran, dan negara atau pemerintah berkewajiban untuk memenuhinya. Namun hak anak ini baru dapat diberikan bila ada laporan tentang kelahiran anak tersebut, yang tentunya ini menjadi kewajiban para orang tua, untuk terwujudnya pemenuhan hak anak atas akta kelahiran.

Meskipun sasaran utama kepemilikan Akta Kelahiran ini adalah anak usia 0-18 tahun, namun kenyataan di lapangan, masyarakat yang berumur 30 tahun keatas ternyata lebih banyak yang melakukan pengurusan Akta Kelahiran, karena belum pernah memiliki Akta Kelahiran.

Selain karena adanya kesempatan yang memudahkan mereka untuk mengurus Akta Kelahiran, masyarakat begitu antusias mengurus Akta Kelahiran juga karena adanya tuntutan kepemilikan Akta Kelahiran untuk berbagai urusan.

Misalnya, mereka dituntut memiliki Akta Kelahiran jika hendak mengurus passport, untuk naik haji/umroh, dan bagi pegawai negeri sebagai syarat untuk pengurusan taspen, serta bagi anak usia sekolah mereka harus memiliki akta kelahiran ketika mau masuk sekolah.

Dengan pelayanan langsung pada titik yang telah ditentukan ini, diharapkan tingkat kepemilikan Akta Kelahiran di Kota Solok akan semakin meningkat. (am)