Disdukcapil Serahkan Akta Kelahiran Melalui Polsekta Solok

Disdukcapil Serahkan Akta Kelahiran Melalui Polsekta Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka peningkatan pencapaian kepemilikan Akta Kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Solok yang selama ini telah bekerjasama dengan RSUD Solok dan 6 (enam) Klinik Bersalin di Kota Solok, kali ini juga melakukan kerjasama dengan Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Solok.

Kerjasama dalam kepemilikan Akta Kelahiran ini merupakan salah satu kegiatan dari Polsekta Solok yang melibatkan Babinkantibmas (Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat) yang juga bertepatan dengan HKGB (Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari) ke 66 tahun 2018.

Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Polsekta Solok dengan Disdukcapil adalah membantu menyerahkan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA kepada masyarakat, tanpa mereka harus datang ke RSUD/RSIA/BPM atau Dinas Dukcapil. Dalam Hal ini kepolisian membantu Disdukcapil dalam memberikan informasi kepada masyarakat lewat Babinkantibmas yg ada pada tiap-tiap kelurahan, sehingga dengan adanya informasi tersebut akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan, terutama Akta Kelahiran.

Polsekta Solok juga mengadakan sosialisasi kepada ibu-ibu Bhayangkari Ranting Polsek Kota dan masyarakat dengan narasumber Sekretaris Disdukcapil Kota Solok, Bitel, SH. MM pada Senin (20/8/2018) kemarin, bertempat di Aula Polsekta Solok dan dihadiri pula oleh Ketua Bhayangkari Cabang Kota Solok Ny. Meiza Doni Setiawan dan Ketua Bhayangkari Ranting Ny.Marshela Anggara Rustamyono.

Dalam sosialisasi ini Bitel menyampaikan bahwa yang jadi persyaratan dalam pengurusan Akta Kelahiran ini adalah isian form F2-01 (form diperoleh di Disdukcapil), Surat Keterangan Lahir dari Bidan/Rumah Sakit/SPTJM Kelahiran (SPTJM dapat diperoleh di Disdukcapil), fotocopy KK orang tua/KK yang bersangkutan, fotocopy KTP orang tua/Akta Kematian/Surat Keterangan Meninggal jika orang tua telah meninggal, fotocopy Surat Nikah orang tua yang dilegalisir/SPTJM Perkawinan (SPTJM dapat diperoleh di Disdukcapil).

Tak sampai disitu saja, masyarakat yang terkendala dalam melengkapi persyaratan dalam pengurusan Dokumen Kependudukan bisa langsung datang ke kantor Disdukcapil untuk dicarikan solusi sebaik mungkin agar tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak mengurus dokumen kependudukan.

Usai sosialisasi tersebut, Dinas Dukcapil kembali didatangi warga yang memiliki masalah terkait kurangnya persyaratan dalam pengurusan, dan langsung dilayani oleh Sekretaris Dukcapil di ruangannya.

“Polsek dan Dukcapil akan membantu warga untuk memiliki akta kelahiran, meskipun warga tidak memiliki dokumen apapun, misalnya warga yang memiliki masalah dengan anggota keluarganya, seperti sudah meninggalnya ibu, sedangkan ayahnya sudah menelantarkan anak yang akan membuat Akta Kelahiran tersebut,” terang Bitel dihadapan warga yang datang dan beberapa staf Disdukcapil yang ikut membantu menelusuri data warga tersebut.

Dengan adanya kerjasama antara Disdukcapil dan Polsekta Solok ini, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat serta kepemilikan Akta Kelahiran di Kota Solok bisa semakin meningkat. (am)

Tags: , , , ,