Dishub Kominfo Kota Solok Monitoring Terhadap AKDP

Dishub Kominfo Kota Solok Monitoring Terhadap AKDP

monitoring AKDP

Solok, (MC Kota Solok) – Sejumlah kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi ( AKDP) diperiksa oleh  petugas gabungan yang terdiri atas, Satker Lalu lintas Angkutan Sungai Darat Danau dan Penyeberangan (LLAJDP) Sumatera, Dinas Perhubungan Kota Solok, dan Satlantas Polres Solok Kota, di terminal Bareh Solok, Kamis ( 7/5).

Pemeriksaan yang dilaksanakan tersebut adalah dalam rangka Memonitoring dan melakukan Pengawasan terhadap AKDP yang beroperasi di terminal Tipe A, yang nantinya hasil tersebut akan dilaporkan kepada kementrian Perhubungan RI, dan akan dijadikan sebagai acuan oleh kementrian dalam mengambil kebijakan lebih lanjut terkait dengan angkutan umum.

Informasi dan keterangan yang dirangkum MC dari Sekretaris Dishub Kota Solok, Asrul, mengatakan,  dalam melakukan Monitoring dan Pengawasan tersebut, petugas tidak mengambil tindakan, dan hanya melakukan pendataan terhadap AKDP yang ada.

Pendataan yang dilakukan  terkait dengan kelengkapan dokumen kendaraan, jumlah muatan penumpang oleh kendaraan, jadwal keberangkatan, kecocokan nama penumpang dengan tiket yang ada, serta penyesuai segala bentuk  izin kendaraan yang beroperasi.

Lanjut ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dinas tersebut,  pelaksanaannya dilakuksn secara bergantian selama dua puluh empat jam pada tiap tiap terminal Tipe A yang ada di daerah Sumatera kecuali Lampung.

Antara lain dari tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna jasa angkutan umum yang ada, salah satu contoh kecil adalah  jadwal keberangkatan harus tepat waktu agar pengguna jasa angkutan umum tidak merasa diterlantarkan, katanya. (gia)