Dishubkominfo Kota Solok Kunjungi ATCS Kota Padang

Solok, (MC Kota Solok) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solok Sharing Informasi pengelolaan Area Traffic Control System (ATCS) ke Kota Padang. Hal ini merupakan tindak lanjut dari hasil pemaparan dari TIM penilai WTN dari Kementerian Perhubungan RI, yang memberikan penilaian bahwa CCTV yang ada di Kota Solok dapat menjadi embrio bagi terbentuknya ATCS. Untuk pengembangan CCTV di Kota Solok menjadi ATCS maka Dishub Kominfo Kota Solok dapat belajar dan berkonsultasi dengan Dishub Kominfo Kota Padang.

Untuk itu rabu (16/6) Dishub kominfo Kota Solok yang dipimpin langsung oleh Kepala Dishub Kominfo Kota Solok Eva nasri, SH, MM dan didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas, Kepala Bidang Kominfo dan beberapa Staf berkunjung ke ATCS Kota Padang.

Rombongan Dishub kominfo Kota Solok diterima oleh Kasi Prasarana dan Fasilitas Lalin Chandra Eka Putra, S.IP. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan ATCS Kota padang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI. Awalnya Dinas Perhubungan Kota Padang Mengusulkan Proposal pengadaan ATCS di Kota Padang ke Kementerian Perhubungan dan ditindak lanjuti dengan pembuatan Detail Engineering Desain (DED) di tahun 2012. Pada tahun 2013 Kota Padang mendapatkan bantuan perangkat ATCS untuk 5 titik di Kota Padang. Selanjutnya di tahun 2014 Kota Padang kembali mendapatkan bantuan perangkat ATCS sehingga sekarang berjumlah menjadi 16 titik. Dalam operasional ATCS Dishub Kominfo menempatkan 4 personil untuk setiap Shifnya yang terdir dari Shif 1 dari jam 06.00 – 12.00 Wib dan Shif 2 dari jam 12.00 – 20.00 WIB. Setiap terjadi pelanggran pada titik yang dikontrol maka akan dilakukan himbauan lewat pengeras suara kepada pelanggar, dan jika masih tidak dihiraukan maka akan dilaporkan ke Satlantas Poltabes Padang untuk dilakukan penindakan.

Terkait dengan CCTV yang ada di Kota Solok saat ini Kepala Dishub Kominfo Kota Solok Eva nasri, SH, MM memaparkan, dalam kondisi baik 1 unit dan rusak berat 2 unit. Namun dalam waktu dekat akan diupayakan untuk melakukan perbaikan sehingga 3 titik CCTV tersebut akan kembali aktif. Selain itu selain itu kota Solok yang selama ini telah memiliki 3 titik yang terpantau CCTV, akan diupayakan pengelolaan mengarah ke ATCS. Kedepan akan terus diupayakan penambahan CCTV secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah disamping mengusulkan permintaan Perangkat ATCS ke Kementerian Perhubungan RI.

Kota Solok Sharing ATCS 2

%d blogger menyukai ini: