DPPPA Gencarkan Upaya Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas

DPPPA Gencarkan Upaya Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas

Solok, (infoPublikSolok) – Dalam upaya mewujudkan Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak serta untuk memberikan pemahaman tentang langkah mengembangkan Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak bagi 40 orang Petugas Puskesmas di Kota Solok, bertempat di Aula Kantor Lurah VI Suku, Senin (22/10).

Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Yusmaniar, SH, MM Sekretaris DPPA Kota Solok didampingi Kasi Pemenuhan Hak Anak, Amelia Mirani Dewinta, SKM dengan Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat, Nelwetis SKM, MPH dan Kepala Puskesmas Talawi Kota Sawahlunto sebagai Puskesmas Ramah Anak Terbaik Tahun 2018, dr. Ranu Vera Mardiyanti.

Sekretaris DPPPA Kota Solok, Yusmaniar mengajak Para Petugas Kesehatan dan Instansi terkait untuk bersama-sama mewujudkan Puskesmas Ramah Anak di Kota Solok, karena hal ini bukan hanya tupoksi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Dinas Kesehatan saja, tetapi perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan Puskesmas Ramah Anak di Kota Solok Menuju Kota Layak Anak.

Pada Tahun 2017 lalu, Puskesmas Tanah Garam telah dicanangkan sebagai Puskesmas Ramah Anak di Kota Solok, Kemudian untuk Tahun 2018, seluruh Puskesmas yang ada di Kota Solok sudah mulai berupaya melakukan pelayanan Ramah Anak di Puskesmas masing-masing.

Nara Sumber Nelwetis SKM, MPH menyampaikan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) adalah upaya atau pelayanan yang dilakukan berdasarkan pemenuhan, perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak sesuai empat prinsip perlindungan anak, yaitu, Non Diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Beberapa indikator Puskesmas Ramah Anak yang perlu dipenuhi, diantaranya adalah penyediaan tempat bermain ramah anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai bagi anak-anak.

Apabila semua Puskesmas telah menjadi Puskesmas Ramah Anak, maka permasalahan kesehatan anak dapat segera teratasi atau hak kesehatan anak telah terpenuhi. (as)

Tags: , , , , ,