Siswa SMP Negeri 1 Solok Lolos OPSI Nasional

Siswa SMP Negeri 1 Solok Lolos OPSI Nasional

Solok, (InfoPublikSolok) – Muhammad Rafky Alfattah dan Akbar Ibnu Yatsir siswa SMP Negeri 1 Solok lolos sebagai peserta Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional 2018 dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 26 Juli 2018 yang akan datang di Kota Surabaya, Jawa Timur.

OPSI SMP adalah suatu ajang kompetensi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa-siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau sederajat yang dilaksanakan secara Nasional. OPSI tahun 2018 ini, diselenggarakan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) pada tahun 2017 yang lalu.

Menurut Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018 No.2951/D3/KP/3018 Tentang Penetapan Peserta Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 bahwa tahun ini sebanyak 864 naskah dari ketiga bidang yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni, Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa dengam total peserta 1.752 Peserta yang berasal dari 158 kab/kota dari 33 provinsi.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri telah terpilih sebanyak 34 peserta dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, 34 peserta dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, kemanusian dan seni, serta 34 peserta dalam bidang Ilmu Teknik dan Rekayasa. Total keseluruhan sebanyak 102 peserta.

Banyak tahapan dan proses yang dilalui oleh para peserta dari SMP Negeri 1 Solok untuk sampai ketingkat nasional mulai dari menerima sosialisasi OPSI, melakukan penelitian yang tentunya banyak tantangan, percobaan, registrasi online, mengupload naskah penelitian, menunggu hasil seleksi naskah, dan akhirnya sampai ke tahap final. Pada tahap final nanti peserta akan melakukam presentasi dan wawancara di depan dewan juri serta pameran karya penelitian.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Solok Hj. Yuldarmi, S.Pd mengatakan dengan lolosnya peserta OPSI dari SMP Negeri 1 Solok membuktikan keseriusan siswa dan guru pendamping dalam membina, memotivasi siswa maju untuk berkompetisi baik tingkat kota, provinsi maupun nasional.

“Terima kasih atas kerja keras siswa kami dan dukungan pembina dan pendamping serta doa dari seluruh guru-guru, keluarga besar SMP Negeri 1 Solok. Semoga anak-anak kita meraih prestasi di tingkat nasional” ungkap Yuldarmi. (af)

Tags: , , , , ,