Empat Puluh Delapan Personal MC Kota Solok Ikuti Bimtek Jurnalistik

Empat Puluh Delapan Personal MC Kota Solok Ikuti Bimtek Jurnalistik

bimtek jurnalis

Solok.(MC) – Sebanyak empat puluh delapan Jurnalis Distributor SKPD yang tergabung kedalam Media Center  pemerintahan kota Solok, mengikuti bimbingan teknis sistim administrasi perkantoran maya, di Aula Kantor Camat Lubuk Sikarah Kota Solok, Rabu (13/5).

Bimbingan teknis jurnalistik ini disampaikan oleh dua nara sumber yang sengaja didatangkan dari Kantor berita Antara Sumbar, diantaranya oleh Hadi Wijaya dan Ihkwan Wahyudi.

Dalam bimbingan  teknis yang disampaikan, yakni meliputi tentang cara menulis berita online yang baik atau cara penulisan artikel yang baik.

Dalam kesempatannya itu, Ikhwan mengatakan, menulis sebuah artikel bagaikan menggoreng telur mata sapi, dan diantara penulisan berita dan artikel memiliki perbedaan yang tidak sempit.

Dikatakannya, dalam penulisan berita harus ada fakta yang harus memuat 5 W + 1 H, sedangkan cara penulisan artikel adalah terlahir dari  sebuah sudut pandang penulis yang diungkapkan secara tulisan, bebas, dipertanggung jawabkan, serta harus memuat tentang solusi dari masalah yang ada.

Dari liputan , acara yang dikemas rapi itu dilaksanakan oleh dinas perhubungan dan informatika (Dishub Kominfo) kota Solok, yang bertujuan untuk membudayakan personal Media Center (MC) Kota Solok.

Kepala Dishub Kominfo Kota Solok, Eva Nasri, mengatakan, MC adalah sebuah wadah yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada publik. Dalam pelaksanaannya, informasi yang disampaikan itu, cendrung meliputi kegiatan masyarakat atau sebuah instansi yang kurang terjangkau oleh media masa lainnya untuk di ekspos atau disampaikan kepada publik.

Lanjut disampaikannya, MC dikelola oleh Bagian Informatika Dishub kominfo kota Solok, sementara itu personil atau jurnalis yang diberdayakan, berasal dari humas masing masing SKPD yang ada dilingkungan pemko Solok, katanya.(gia)