40 Pelajar Pelopor Dilatih dan Diberi Pembekalan

40 Pelajar Pelopor Dilatih dan Diberi Pembekalan

40 Pelajar Pelopor

Solok, (MC Kota Solok) – Sebanyak 40 Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas, yang terdiri dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Kota Solok, mengikuti pembekalan Ilmu dan pelatihan dasar mental serta disiplin, di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solok, Senin (15/6).

Pembekalan ilmu diberikan oleh, Kasat Lantas Polres Solok Kota, Asuransi Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Kodim 0309/Solok. Diantara pembekalan yang diberikan antara lain, mengenai undang-undang lalu lintas, pengetahuan asuransi jasa raharja, narkoba, teknis penyusunan karya tulis dan pelatihan mental dan fisik serta disiplin peserta.

Kegiatan tersebut, dileading sektori oleh Dinas Perhubungan Kota Solok dalam program kegiatannya pembekalan yang dilaksanakan secara bertahap, dan tepatnya pada Senin (15/6) merupakan tahap pertama, dan kegiatan akan dilanjutkan pada 28 Juli 2015, dengan agenda kegiatan yang berbeda. Dasar pelaksanaan, Peraturan Dirjen Perhubungan Darat, sementara itu untuk pembiayaan pelaksanaan berada di DPA Dinas Perhubungan kota Solok.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok Eva Nasri, SH, MM mengatakan kegiatan tersebut merupakan program masional yang dikelola oleh Dirjen Perhubungan Darat. Sementara itu tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dikalangan Pelajar dalam rangka membentuk karakter budaya keselamatan lalu linta dan angkutan jalan. Dan dikatakannya, dari 40 pelajar tersebut nantinya akan dipilih dua orang yang akan mewakili Kota Solok, untuk pemilihan ditingkat Provinsi sebagai Wakil Sumbar untuk tingkat Nasional.

Lebih jauh disampaikannya, dalam pemilihan peserta untuk mewakili Kota Solok ditingkat Provinsi, tim penyeleksi akan kebih memperioritaskan peserta yang menguasai bahasa Inggris, dan selain itu untuk penilaian lainnya meliputi tentang kepemimpinan, public speaking ( kemampuan berkomunikasi didepan umum), norma dan etika, serta materi karya tulis.

Dari liputan Media Center, setelah melaksanakan pembekalan ilmu diruangan yang telah disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Solok, semua peserta dilatih pendidikan dasar mental dan disiplin, serta latiahan berbaris yang dilatih oleh instruktur dari Kodim 0309 Solok.(gia)

Tags: , , ,