Forum Kota Sehat Solok Selenggarakan Rakor

Solok (InfoPublikSolok) – Forum Kota Sehat Kota Solok Selenggarakan Rapat Koordinasi Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018. Selasa (3/4) di Sekretariat Kota Solok. Acara ini dibuka oleh  Ketua Forum Kota Sehat yang diwakili  Ketua Harian Drs. Arya Wentri, Apt. M.Kes, beserta anggota forum kota sehat Kota Solok dengan dihadiri 20 orang peserta.

Rapat koordinasi dipimpin oleh sekretariat forum kota sehat yaitu Despa Wildawati, SKM dimana beliau menyampaikan beberapa poin yang akan dibahas yaitu hasil workshop pengembangan Kab/Kota Sehat Tahun 2018 bersama narasumber dari pusat beberapa waktu yang lalu di Padang, bagaimana strategi melakukan pembinaan ke Kecamatan dan Kelurahan serta evaluasi penyelenggaraan FKS Tingkat Nasional. Selanjutnya ia juga menyampaikan bagaimana strategi untuk pembinaan lanjutan ke Kecamatan dan Kelurahan dengan cara mengarahkan Pokja aktif, rencana kerja, kegiatan yang akan dilakukan ke Kelurahan, permasalahan Pokja Kelurahan, unggulan pokja kelurahan dan pemberian informasi awal kelurahan untuk tim yang akan turun nantinya.

Rapat ini dilanjutkan dengan diskusi anggota forum kota sehat, dalam diskusi ada beberapa anggota yang menyampaikan saran dan masukan untuk FKS kedepannya yaitu menyampaikan kepada pemerintah daerah agar membuat program terpadu di setiap OPD yang mana programmnya terintegrasi dengan forum kota sehat. Masukan atau saran lainnya tentang membuat program inovasi PHBS serta melakukan penghijauan yang dimulai dari kantor OPD terkait agar dapat dicontoh oleh masyarakat. Dari hasil rapat koordinasi ini maka dibentuklah kelompok-kelompok kerja Forum Kota Sehat yang nantinya akan melakukan pembinaan ke Kecamatan sehat dan Pokja Kelurahan sehat dan diharapkan nantinya akan ada inovasi dalam seluruh tatanan kota sehat untuk penilaian tahun 2019. (ig)