Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok mengadakan Lomba cipta menu

Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok mengadakan Lomba cipta menu

Lomba cipta menu B2SA

Solok, (MC Kota Solok) – Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok mengadakan Lomba cipta menu B2SA Kota Solok. acar i ni dibuka oleh TP-PKK Kota Solok Hj.Darlinda Irzal Ilyas pada kamis (21/5). Peserta lomba adalah 13 Kelurahan yang ada di Kota Solok yang diwakili oleh 5 orang anggota PKK masing – masing kelurahan, sehingga total peserta yang hadir 65 orang. Disamping itu  untuk menilai hasil lomba tersebut diadakan 5 orang juri yang berasal dari untur Kantor Ketahanan Pangan, Dinas kesehatan, TP-PKK Kota Solok, SMK 3 (jurusan tata boga).

Pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) adalah aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar oleh bahan berbahaya. Syarat dari menu yang dibuat adalah berasal dari bahan lokal dan tradisional dengan ketersediaan bahan baku dan harga yang murah. Hal ini dapat mengangkat kembali citra makanan daerah yang selam ini kalah bersaing dengan makanan modern (fast food). Tujuan lomba cipta menu ini adalah . meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat masyarakat, serta meningkatkan citra makanan daerah agar dapat digemari.

Menurut Herman,SE Kasi Pengembangan Kelembagaan Ketahanan Pangan ” inti dari  dari diadakannya lomba ini agar setiap individu/Ibu tumah tangga  yang bertanggung jawab dalam menentukan dan penyediaan menu keluarga sehari-hari dalam penyajian menu beragam, bergizi seimbang dan aman. Hasil lomba dari Cipta menu B2SA adalah juara 1 dari Kelurahan Tanah garam dengan hadiah Rp. 1.250.000,-. Juara 2 dari Kelurahan VI Suku dengan total hadiah Rp. 750.000-, juara 3 dari Kelurahan Nan Balimo dengan total hadiah Rp. 500.000,-. Kriteria penilaian lomba termasuk resep menu, kreatifitas, cita rasa, tampilan, keamanan, kesegaran dan warna. (Ketapang/Rico)