Kantor Pertanahan Kota Solok Berikan Penyuluhan PTSL Kepada Masyarakat Kel. VI Suku

Kantor Pertanahan Kota Solok Berikan Penyuluhan PTSL Kepada Masyarakat Kel. VI Suku

Solok, (InfoPublikSolok) – Kantor Pertanahan Kota Solok memberikan penyuluhan kepada masyarakat VI Suku tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Lurah VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah, Jumat (10/8).

Narasumber kegiatan dari Kantor Pertanahan Kota Solok, Bapak  Ir Husni, Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan dan  Iskandar SH, Kepala Seksi Pengadaan Tanah Pemerintah Kantor Pertanahan Kota Solok, Lurah VI Suku yang diwakili oleh sekretaris Masnita serta dihadiri oleh ketua RT dan RW, bundo kanduang, niniak mamak serta masyarakat kelurahan VI Suku.

Dalam arahannya Ir Husni yang mewakili Kepala Kantor Pertanahan menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan nantinya tidak ada wilayah Kota Solok yang tidak terpetakan, baik tanah yang telah maupun yang belum memiliki sertipikat, bahkan tanah yang statusnya bersengketa pun diharapkan untuk didaftarkan untuk dilakukan pengukuran.

Tujuan akhir Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap pada tahun ini bukan untuk mengeluarkan sertipikat, tetapi hanya pada kegiatan pengukuran saja. “Tidak ada biaya, pemilik tanah hanya diminta untuk menunjukkan batas kepemilikan tanah serta membawa Kartu Identitas diri seperti KTP ” ujar Husni

Sementara itu menurut Iskandar SH, Pihak Kantor Pertanahan mengharapkan pihak RT dan RW untuk mau mengkordinir masyarakat yang telah mendaftar program pengukuran tanah gratis ini untuk menyediakan patok atau pancang yang permanen.

Dalam sesi tanya jawab, salah seorang niniak mamak mengharapkan agar petugas pengukuran nantinya didampingi oleh orang yang mengetahui betul batas batas tanah serta dapat menghadirkan pemilik tanah sebelah menyebelah atau sepadan tanah yang akan di ukur sehingga dapat meminimalisir masalah yang akan timbul dikemudian hari. (dh)

Tags: , , ,