Kelurahan IX Korong Dikunjungi Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar 2015

Kelurahan IX Korong  Dikunjungi Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar 2015
Wakil Walikota Solok mendampingi Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kelurahan IX Korong

Wakil Walikota Solok mendampingi Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kelurahan IX Korong

Solok, (MC Kota Solok) – Kelurahan IX Korong dikunjungi Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2015 pada Rabu (3/6). Kelurahan yang dipimpin oleh Raflis ini, menjadi Duta Kota Solok dalam Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) 2015 tingkat Propinsi Sumatera Barat.   Sebelum  melakukan investigasi dan wawancara dengan seluruh elemen masyarakat yang ada, rombongan tim  disambut dengan Siriah di Carano dan pantun pasambahan oleh generasi muda setempat

Acara penyambutan Tim Penilai Propinsi dipimpin oleh Wakil Walikota Solok, Zul Elfian, SH, M.Si sekaligus memberikan sambutan dihadapan ratusan warga Kelurahan IX Korong yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat diantaranya, Ketua RT dan RW se Kelurahan IX Korong, Pengurus LPMK, Bundo Kanduang , TP-PKK Kel. IX Korong dan unsur masyarakat lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan penyambutan Tim Penilai ini para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok, diantaranya Kepala Badan KBPMP, Kabag. Humas, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota memaparkan kondisi masyarakat Kelurahan IX Korong yang beberapa tahun terakhir ini telah menampakkan  perubahan yang sangat signifikan dalam bidang  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal itu didukung dengan tingkat ekonomi warga yang cukup baik, dan berkurangnya angka pengangguran. Wakil Walikota juga menambahkan bahwa warga masyarakat Kelurahan IX Korong sangat partisipatif dalam setiap kegiatan Pemerintahan. Semua komponen masyarakat bersama Pemerintah Kelurahan saling bahu membahu dalam mensukseskan pembangunan di segala bidang, baik pembangunan infra struktur maupun pembangunan sumber daya manusia. Bahkan, di Kelurahan IX korong ada program bantuan dari masyarakat mampu kepada masyarakat berekonomi lemah yang difasilitasi oleh Pemerintah Kelurahan. Hal ini mencerminkan kebersamaan yang sudah lama terjalin dalam masyarakat kelurahan. Wakil Walikota Solok berharap agar Kelurahan IX Korong menjadi perhitungan dan masuk nominasi Tim Penilai Propinsi untuk menjadi Duta Sumatera Barat pada Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) Tingkat Nasional Tahun 2015.

Rombongan Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Syafrizal Ucok yang saat ini menjabat Kepala KBPM Propinsi Sumatera Barat dalam sambutan dan arahannya mengurai sistim dan tata tertib penilaian yang dibagi menjadi 3 (tiga) tahap. Penilaian diawali dengan penyampaian Ekspose Lurah, Ketua LPM Kelurahan, Ketua TP-PKK Kelurahan, kemudian dilanjutkan dengan dialog dengan 6 (enam) kelompok masyarakat, dan ditutup dengan peninjauan ke lapangan.

Menyikapi keinginan Wakil Walikota Solok agar Kelurahan IX Korong terpilih menjadi wakil Sumbar pada Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional, seraya tersenyum Ketua Tim Penilai yang akrab disapa Pak Ucok ini menanggapi bahwa untuk menjadi Duta Sumatera Barat pada lomba Tingkat Nasional tidak terlepas dari Ekspose Lurah, LPM dan TP-PKK Kelurahan.

Mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini juga menambahkan Penilaian bukan hanya mendengarkan ekspos dari Lurah, Ketua LPM dan Ketua TP-PKK kelurahan, tetapi juga kegiatan wawancara serta pemeriksaan  kelengkapan kemasan catatan dalam bentuk laporannya, termasuk potensi serta swadaya masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Pak Ucok juga membeberkan indikator penilaian berkaitan dengan penyampaian Ekspose yang harus didukung dengan fakta yang disampaikan oleh elemen masyarakat. Bagaimanapun aspek-aspek penting dalam kelurahan harus ada sebagai syarat ikut serta dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat nasional imbuhnya.

Setelah penyampaian Ekspose Lurah, Ketua LPMK dan Ketua TP-PKK, Kegiatan penilaian dilanjutkan dengan dialog bersama 6 (enam) elemen masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Lurah IX Korong yang meliputi Bidang Pendidikan Masyarakat, Kesehatan, Ekonomi, PKK, Bidang Keamanan ketertiban dan lembaga Kemasyarakatan. Dalam dialog tersebut masing-masing Tim penilai juga memberikan pembinaan terhadap seluruh kelompok masyarakat. Penilaian Kelurahan Berprestasi ini diakhiri dengan peninjauan lokasi yang mendukung ekspose dan wawancara sebelumnya.

Diantara Tim Penilai Kelurahan Berprestasi (LKB) 2015 ini juga dihadiri oleh mantan Pamong Senior , Drs. H. Rusdi Lubis yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Propinsi Sumatera Barat. (Kesra/Junaidi)

Tags: ,