Kelurahan Nan Balimo Gelar Sosialisasi Bidang Kesehatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo laksanakan sosialisasi bidang kesehatan dan program JKN-KIS di Aula Kantor Lurah Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (2/10). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Lurah Nan Balimo mewakili Lurah Nan Balimo  merupakan salah satu kegiatan non fisik dari program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2018.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua RT dan RW, kader PKK, pemuda serta tokoh masyarakat tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan 4 orang Narasumber yaitu, Ketua LPMK Nan Balimo, Dinas Kesehatan, RSUD dan dari BPJS Kesehatan Solok.

Sekretaris Lurah Nan Balimo  dalam sambutannya mengatakan, “bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang telah ditunggu oleh masyarakat. karena banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, disinilah kesempatan masyarakat untuk memperoleh informasi yang lengkap tentang pelayanan kesehatan tersebut.” jelas Rahman Hidayu, S.IP.

Ketua LPMK Nan Balimo Drs. H. Suhatmi Tole dalam paparannya menyampaikan bahwa LPMK berperan dalam melakukan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat dibidang kesehatan ini. Kabid pelayanan masyarakat BPJS Kesehatan Solok, Zirmen memaparkan tentang manfaat bagi peserta JKN-KIS dimana akan mendapatkan jaminan kesehatan, dimana biaya berobat tersebut sangat mahal sekali.

Senada dengan hal tersebut, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Solok, ns. Hartini, M.Bomed menyampaikan, ” Bahwa ada program bantuan dana pendamping dari Dinas Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu. Khusus masyarakat Kota Solok dapat memanfaatkan program tersebut.”

dr.Soufni Morawati, SpPK dari RSUD Solok memaparkan tentang fasilitas yang ada di RSUD Solok, dan RSUD Solok pun telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan di bidang jaminan kesehatan tersebut.

Salah seorang peserta Sri Darmayanti berharap bahwa program baru dari BPJS tentang rujukan berjenjang agar di evaluasi lagi karena lebih menyulitkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Sekretaris Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu, S.IP berharap dengan adanya sosialisasi Ini, masyarakat dapat memperoleh informasi serta dapat menyampaikan keluhan dan harapan mereka guna mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik. Itu adalah harapan kita semua, ungkap Rahman mengakhiri. (iid)