Kelurahan Nan Balimo Gelar Sosialisasi Keamanan Lingkungan

Solok (MC Kota Solok) – Kelurahan Nan Balimo gelar Sosialisasi Keamanan Lingkungan Tahun 2017 di Aula Kantor Lurah Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Kamis  (20/07/2017). Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan di Kelurahan Nan Balimo dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Lurah Nan Balimo Edisadarma Putra tersebut dihadiri oleh seluruh Linmas Kelurahan dan Pemuda Kelurahan Nan Balimo.

Sebagai narasumber dari kegiatan ini terdiri dari Aiptu Ajizul Chan, Babinkamtibmas Kelurahan Nan Balimo dan Bapak Noviandi Yusaf, SH Kasi Binmas pada Dinas Pol PP dan Damkar Kota Solok. Dalam sambutannya Lurah Nan Balimo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan kelurahan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyaman lingkungan khususnya di Kelurahan Nan Balimo. Selain itu Edisadarma Putra juga menyampaikan, dalam mendukung program pemerintah yaitunya Magrib Megaji, diminta kepada seluruh Linmas Kelurahan agar ikut berperan serta dalam mengingatkan masyarakat untuk tidak menghidupkan Pesawat Televisi mulai dari Magrib hingga Isya dan mengisinya dengan Membaca Al Qur’an.

Sesuai dengan penjelasan dari Aiptu Ajizul Chan, banyak sekali tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat belakangan ini, diantaranya penyalahgunaan Narkoba, Perjudian, Balap Liar dan sebagainya, maka untuk itu dihimbau kepada Linmas, Pemuda dan Masyarakat agar mengaktifkan Poskamling Keamanan Lingkungan, dan bekerjasama dengan pihak kepolisian melalui Babinkamtibmas.

Begitu juga dengan arahan dari bapak Noviandi Yusaf, SH dari Dinas Pol PP dan Damkar Kota Solok yang menjelaskan tentang Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat. Penyakit Masyarakat (Pekat) ini harus kita berantas, kita sudah punya perda nya, maka untuk menegakkan perda tersebut kerjasama dari Pemerintah Daerah dengan masyarakat sangat diperlukan, disinilah tugas dan fungsi dari Linmas dan Pemuda-pemudi di Kelurahan dengan berkoordinasi dengan Pol PP dan OPD terkait lainnya dalam memberantas Pekat tersebut. Jangan sampai kita membiarkannya, apalagi sebagai pelakunya.

Saat ditemui MC setelah kegiatan berlangsung Lurah Nan Balimo Edisadarma Putra menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena kegiatan ini sangat berkaitan sekali dengan kerasahan masyarakat atas tindakan kejahatan yang semakin meningkat, selama ini sosialisasi kita berikan kepada Ketua RT dan Ketua RW serta Tokoh masyarakat. Saat ini kita langsung kepada sasarannya yaitu Linmas dan Pemuda-Pemudi Kelurahan yang terjun langsung dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan tersebut, ungkap Edisadarma Putra mengakhiri. (iid)

%d blogger menyukai ini: