Kelurahan Nan Balimo Gelar Sosialisasi ‘STOP BABS’

Kelurahan Nan Balimo Gelar Sosialisasi ‘STOP BABS’

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo laksanakan sosialisasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS) di Aula Kantor Lurah Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Rabu (10/10/2018). Kegiatan yang dibuka Sekretaris Lurah Nan Balimo tersebut dihadiri oleh Ketua LPMK, Ketua RT dan RW, Bundo Kanduang, PKK, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat yang belum memiliki Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumahnya.

Sekretaris Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu, S.IP, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan non fisik Goro Badunsanak Kelurahan Nan Balimo Tahun 2018. Masyarakat perlu tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan yang dimulai dari diri sendiri dan bagaimana seharusnya MCK yang sehat tersebut. Dengan MCK yang sehat, maka lingkungan juga akan sehat.

Ketua LPMK Nan Balimo Drs. H. Suhatmi Tole dalam arahannya menyampaikan bahwa masyarakat yang kurang mampu dibantu oleh Pemerintah Daerah dalam penyediaan MCK mereka yaitu dalam program penyediaan Septic Tank Komunal bagi masyarakat kurang mampu. Perlu kejelasan bagi masyarakat tentang program tersebut serta bagaimana dengan pengelolaan nantinya.

Herdawati, Amd.KL selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Solok menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat Kota Solok yang masih belum memiliki MCK yang sehat.

“Masih ada masyarakat yang buang air besar ke sungai, tentu ini tidak baik dan sangat mencemari lingkungan. Selain itu juga dapat menyebabkan adanya penyakit baik untuk dirinya maupun untuk orang lain nantinya, Kebiasaan ini harus dihentikan,” tegas Herdawati.

Selanjutnya Kabid PLP Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Solok, Rini Marlina, S.St. M.Si menyampaikan bahwa jamban yang sehat tersebut harus bermuara ke Septic Tank, bukan ke sungai. Septic Tank tersebut umurnya dua tahun dan harus disedot, jika lebih dua tahun berarti sudah ada kebocoran dan tidak sehat lagi.

Selain itu, Rini mengungkapkan, dari Dinas Perkim Kota Solok juga telah melaksanakan program penyediaan Septic Tank Komunal bagi masyarakat kurang mampu, Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat dapat memanfaatkannya dan berswadaya lah dalam memeliharanya.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Sekretaris Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu, S.IP berharap dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat akan menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak melakukan BAB sembarangan. Kebiasaan yang sehat akan menciptakan lingkungan yang sehat juga, ungkap Rahman mengakhiri. (iid)

Tags: , , ,