Kemenkominfo RI Jadwalkan Bintek Sertifikasi Bidang TIK di Sumatera Barat

Kota Solok РKementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia UPTD Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Kominfo Medan menjadwalkan Bimbingan Teknis Sertifikasi Angkatan Kerja Muda Bidang TIK dan Telekomunikasi di Sumatera Barat. Lokasi kegiatan di Sumatera Barat berpusat di dua kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kota Solok. Untuk pelaksanaan kegiatan di Kota Solok ialah pada tanggal 12-15 Agustus 2015.

Program pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika ini membantu meningkatkan daya saing dengan memberikan fasilitas untuk mengikuti Uji Kompetensi dan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisensi untuk beberapa bidang keahlian. Bidang keahlian dimaksud di antaranya Junior Design Graphics, Junior Web Programming dan Junior Network Administrator. Dalam perkataan lain, fasilitasi mencakup bidang keahlian jaringan komputer, pemrograman dan desain grafis. Sedangkan bidang keahlian multimedia, operator dan technical computer support/PC Technican bukan cakupan dari kegiatan yang berlokasi di Sumatera Barat ini. LSP yang dimaksud ialah Telematika Jakarta.

Kesempatan gratis ini khusus ditujukan bagi angkatan kerja muda lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta lulusan D1, D2 dan D3 bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang saat ini belum bekerja dan tidak melanjutkan pendidikan. Kegiatan yang berpusat di Kabupaten Tanah Datar akan menjaring peserta dari Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Kab. Kepulauan Mentawai dan Kab. Pesisir Selatan. Sementara, kegiatan yang berpusat di Kota solok akan menjaring peserta dari Kota Solok, Kab. Solok, Kab. Solok Selatan, Kab. Sijunjung, Kab. Dharmasraya dan Kota Sawahlunto. Calon peserta disyaratkan memiliki pengetahuan di bidang yang dipilih dan usia saat ini maksimal 25 tahun. Pendaftaran dapat dilakukan melalui surat elektronik ke e-mail bbppki.medan[at]mail.kominfo.go.id, dengan scanned administratif berupa ijazah, transkrip nilai, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan pasphoto 3×4 masing-masing satu lembar.

Kesempatan sertifikasi gratis ini disertai dengan fasilitas akomodasi (penginapan) selama 4 (empat) hari 3 (tiga) malam. Fasilitas lain berupa konsumsi dan uang saku selama kegiatan berlangsung. Pengumuman calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi penyaringan oleh panitia disampaikan secara online melalui http://balitbang.kominfo.go.id sekurangnya lima hari sebelum pelaksanaan dan dapat juga dilihat di lokasi kegiatan.

Calon peserta dapat menghubungi kontak a.n Yusrizal pada nomor 853-276-96445 atau a.n Alex Siregar dengan nomor 821-664-66066.