Kerjasama Dengan BRI, Kemenag Kota Solok Sosialisasikan Pembayaran Non Tunai

Solok, (InfoPublikSolok) – Kemenag Kota Solok bekerjasama dengan BRI Cabang Solok, sosialisasikan Pembayaran Non Tunai dilingkungan Kemenag Kota Solok bertempat di Ruang Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Rabu  (29/08).

Penerapan pembayaran non tunai merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Kemenag RI No.3 Tahun 2017 tentang Transaksi Pembayaran Non Tunai dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 230/PMK.05/2016 tentang perubahan Peraturan menteri Keuangan Nomor 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Acara sosialisasi tersebut diikuti oleh Kepala-kepala Seksi, Kasubbag Tata Usaha, Bendahara, Bendahara Pembantu dan Pengelola Keuangan yang ada dilingkungan Kemenaterian Agama Kota Solok, dengan narasumber Dody Zulhardan, Zuchria Anggia Sari dan Helvikaduri dari BRI Cabang Solok.

Plt. Kepala Kankemenag Kota Solok H. Amril mengatakan, “Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mengetahui sejauh mana proses pembayarann non tunai ini dilaksanakan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Sehingga ketika diterapkan nanti, tidak terjadi kendala atau hambatan dan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” tuturnya

Dody Zulhardan, menjelaskan tentang perubahan yang terdapat pada PMK 230/PMK.05/2016 yaitu mengenai posisi bendahara, syarat pengangkatan bendahara, sarana pembayaran rekening, kewenangan pendebitan rekening, sampai mekanisme penyetoran pembayaran.

“PMK ini dimaksudkan untuk mempertegas posisi bendahara dan juga sebagai payung hukum untuk semua transaksi elektronik dan kartu debit bagi bendahara pengeluaran satuan kerja. PMK ini juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden untuk mengurangi cash dan menaikkan transaksi elektronik sehingga  kecurangan atau pungli itu bisa ditekan,” jelas Dody. (hd)