Kesenian Kota Solok Juara II Dalam Pemilihan Media Tradisionil Tingkat Sumatera Barat

Solok, (MC Kota Solok)- Tim kesenian Sanggar Rumpun Batuang Kota Solok berhasil memukau penonton dalam Lomba Pemilihan Media Tradisionil Terbaik tingkat Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran ,Kamis (7/9/17), keluar sebagai Juara II sementara juara I diraih Kota Padang.  Dihadapan tim juri Mulyadi dari Kementerian Kominfo RI didampingi Rizal Tanjung Budayawan dan Wisni Lusita Dinas Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat yang juga disaksikan Kadis Kominfo Kota Solok Zulfadli,SH,Msi drama tari  yang dikemas sesuai alur cerita seakan mata tidak berkedip bahkan membuat penonton yang memadati gedung terpaku dan dibawa kepada suasana sedih bercampur haru.

Pemilihan yang digelar Dinas Kominfo Propinsi Sumatera Barat ini diikuti 17 peserta dari Kabupaten/Kota se Sumatera Barat hanya Kabupaten Pasbar dan Mentawai yang absen dan ditutup  Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Diiringi talempong dan dendang drama dengan judul Limpapeh yang menceritakan kisah seorang gadis minang  Minah yang mendapat mahasiswa undangan ke Ibu Kota untuk melanjutkan pendidikan, hal itu membuat orang tua Ijuih sangat bangga bahkan gemanya sampai kepada tetangga yang juga menyambut gembira.

Tapi setelah sampai di ibukota gadis yang sangat diharapkan orangtuanya berubah total karena pergaulan sehar-hari, bahkan studinya tidak berlanjut karena telah terjerumus ke pergaulan bebas dengan pengaruh arus globalisasi perkembangan technologi akhirnya minah yang dibaggakan orang tuanya dikampung menjadi korban keganasan virus HIV/AIDs.

Bak patuih disiang bolong orang tua Minah, terkejut alang kapalang mendengar kabar anak yang sangat dibanggakan itu meninggal dunia , mulanya dia tidak percaya tapi setelah diceritakan tetangganya barulah sang ibu minah percaya.

Menyaksikan penampilan sejak awal yang diiringi seruling dan dendang dicampur dengan kesenian Bailau ciri khas Rang Solok  membuat petonton samakin hanyut dibawa alur cerita, bahkan ada penonton yang Balinang air matanya menyaksikan, sebab teringat anak gadis yang tengah menimba ilmu diibukota.

Tapi kisah ini hanya sinopsis belaka untuk penyampaian pesan yang disutradarai oleh Gusnifa Iriyanti,Ssn,Msi, koreografer Joni Supriyadi,Ssn,Naskah Sritin Nilawati, Komposer Ronaldi,M,sn dan Ongky IrawanS,pd sebagai penata rias dan busana..

Dalam lomba yang didampingi Dinas Kominfo Kota Solok itu kesenian Sanggar Rumpun Batuang juga merebut juara II sutradara dan pemain wanita terbaik , sementara untuk juara II panitia menyerahkan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta dan piala serta sertifikat, untuk Sutradara terbaik II hadiah Rp 2,5 juta dan pemain terbaik wanita. (Eg/Zm)

%d bloggers like this: