Kesenian Sanggar Rumpun Batuang Siap Tampil di Padang

Solok, (MC Kota Solok) – Sanggar Seni Rumpun Batuang  Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok akan tampil dalam Lomba Pemilihan Media Tradisionil Terbaik Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Auditorium Gubernuran Padang tanggal 06 sampai 07 September mendatang.

Untuk mengahadapi lomba Sanggar Rumpun Batuang yang akan membawakan cerita  Limpapeh dengan drama tari berpola randai sejak beberapa bulan lalu telah mempersiapkan diri, bahkan saat ini telah masuk finising dan siap tampil tanggal 07 September mendatang, mudah-mudahan kita bisa kembali merebut juara,” ujar Gusniva Iryanti,S,Sn disela-sela latihan di Bengkel Seni, Minggu (03/9/17).

Lebih lanjut dikatakan Gusniva selaku Sutradara mengakui dalam drama tari berpola randai memang perpaduan antara tradisionil dan modren agar penonton lebih cepat mencernakan logat yang disampaikan bahkan terkadang bahasa Minang kental, begitu juga para penari dan tokoh semuanya perempuan kecuali musik semua laki-laki. Hal itu agar penampilan lebih semarak dan enak untuk ditonton,” ujar Eva yang juga menjabat Kasi Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kota Solok.

Selanjutnya dijelaskan dalam Drama Tari yang menampilkan judul “Limpapeh” menceritakan sebuah kebiasaan masyarakat Minangkabau yang suka merantau yang dipadu dengan kesenian Solok asli “Tradisi Bailau”. Disini akan jelas alur ceritanya yang disusun Sritin Nilawati  dengan koreografer  Joni Supriadi ,S.Sn yang kental dengan suasana Minang diiringi seruling yang semakin membuat penonton terpukau,” tukuk Eva lagi.

Mudah-mudahan berkat persiapan dan dukungan dari Dinas Kominfo dan Pariwisata Kota Solok  kembali bisa tampil ditingkat Nasional yang direncanakan bulan November mendatang  di Palembang, sekaligus mempertahankan juara Nasional yang direbut tahun lalu di Kota kembang Bandung,” jelas Eva sangat optimis. (Eg/zm)

%d blogger menyukai ini: