Ketua DPRD “Manduo Baleh Hari” Ramadhan

Ketua DPRD “Manduo Baleh Hari” Ramadhan

Kota Solok – Hari kedua belas Ramadhan, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, S.E., Senin (29/06) memenuhi undangan dari jamaah Mushalla Al-Mutakin, Nampa Sawah Piyai Kelurahan Tanah Garam, guna melakukan buka bersama serta tarwih berjamaah di mushalla tersebut.
Seperti tahun – tahun sebelumnya, mushala Al Mutakin selalu melakukan buka bersama dengan tradisi “Manduo Baleh Hari”.

Kegiatan “Manduo Baleh Hari” merupakan tradisi yang telah diwarisi secara turun temurun di Sawah Piyai Kota Solok. Dalam kegiatan tersebut, para jamaah secara bergontong royong dan saling bahu membahu menyiapkan makanan untuk berbuka yang diawali dengan pemotongan kambing untuk suguhan berbuka puasa di hari tersebut. Manduo Baleh Hari dimaksudkan untuk mempererat tali silaturrahmi sesama para jamaah. Tradisi ini disebut Manduo baleh, berarti dua belas, karena Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12. Pada hari manduo baleh ini masyarakat akan melakukan berbuka bersama dan disuguhi makanan.

Yutris Can, SE, dalam sambutan berbuka puasa mengajak agar umat muslim lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam bulan Ramadhan ini. Yang dimaksud ialah mendirikan malam Ramadhan dengan tarawih dan witir, mendengungkan ayat-ayat suci al-quran, i’tikaf di mesjid ataupun musholla, perbanyak sedekah, zakat serta tingkatkan Ukuwah Islamiyah.

Dalam pemaparan  tersebut, beliau mengajak umat agar melaksanakan puasa di bulan Ramadhan ini dengan niat dan hati yang bersih. Jaga semua sikap, tindakan dan perbuatan yang dapat mengurangi ataupun yang membatalkan makna puasa. Dengan demikian, pelaksanaan ibadah puasa itu pada akhirnya kita mendapatkan nikmat yang luar biasa.