Kodim 0309 /Solok Panen Perdana

Kodim 0309 /Solok Panen Perdana

IMG_7472

Solok, (MC Kota Solok) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0309/Solok melakukan panen perdana atas penanaman padi tanam sabatang dan padi tanam jajar legowo, di lahan persawahan Sawah Solok Lukah Pandan kota Solok, Kamis (4/6).

Panen yang dilaksanakannya itu, merupakan hasil tanam yang telah dilakukan sekitar tiga setengah bulan lalu oleh jajaran Kodim 0309 bersama masyarakat kota Solok yang dalam hal ini sebagai pemilik lahan pesawahan.

Dalam pelaksanaannya panen perdana tersebut, pihak Kodim dan masyarakat pemilik lahan memberikan penghormatan kepada wali kota Solok, Irzal Ilyas untuk melakukan pemotongan pertama.

Dalam kesempatannya itu, Dandim 0309 Solok, Letkol (Inf) Syafta Feryansyah, mengatakan, terlibatnya jajaran yang dipimpinya itu dalam melaksnakan pembauran dengan masyarakat daerah setempat untuk ikut serta turun ke sawah untuk bertanam padi, merupakan sebuah andil TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan secara nasional.

Selain itu dalam prosesi penanaman padi tanam sabatang dan tanam padi jajar legowo tersebut, pihaknya dan pemerintah daerah setempat membudayakan pemakaian pupuk organik bagi para petani.

Dikatakannya, penanaman padi jajar legowo dan tanam padi sabatang dengan memakai pupuk organik, berpotensi meningkat hasil panen petani, hal ini telah dibuktikan didaerah lain, peningkatan hasil panen mencapai satu ton dalam satu hektar tanaman padi.

Lebih lanjut Dandim 0309/Solok mengatakan, keikutsertaan TNI tersebut diawali dari pengolahan lahan persawahan, penanaman, pemupukan, hingga sampai saat ini melakukan panen bersama masyarakat pemilik lahan, katanya.

Dari liputan Media Center, panen pertama juga dihadiri oleh anggota DPRD kota Solok, Polres Solok Kota dan seluruh masyarakat petani yang memiliki lahan persawahan di area persawahan Sawah Solok. (gia)

Tags: , ,