Kominfo Lakukan Pengenalan dan Sosialisasi Aplikasi SINADINE

Solok, ( Infopubliksolok) – Sebanyak 60 (Enam Puluh) Orang Kasubag Umum dan Operator pada  Organisasi Perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Solok mengikuti Pengenalan dan Sosialiasi  Aplikasi SiNadine (Sistem Informasi Tata Naskah Dinas Elektronik) di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (6/6/18). Kegiatan yang digelar Dinas Kominfo itu menjelaskan tentang penggunaan aplikasi dan meanfaatkan kemajuan dibidang teknologi informasi khususnya surat menyurat yang dipandu oleh Roberto Oskar, Programer pada Dinas Kominfo Kota Solok beserta Tim Programer lainnya.

Kepala Dinas Kominfo diwakili Sekretaris Lusya Adelina,SE,MM saat pembukaan pengenalan dan sosialisasi Aplikasi SiNadine ini menyampaikan bahwa tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mempermudah pegawai dalam administrasi surat menyurat yang sesuai dengan tata naskah dinas dilingkangan Pemerintah Kota Solok, dalam hal ini pembuatan surat menyurat biasanya dilakukan secara manual, dimana pelaksanaan kegiatan sering terhambat dan memakan waktu yang lama dikarenakan surat tersebut dinilai tidak sesuai dengan tata naskah dinas ataupun dikarenakan hal lainnya yang mengakibatkan tidak efisien dan efektif terhadap kelancaran kerja, sehingga banyak nya kertas yang terbuang.

Demi kelancaran dan keseragaman administrasi surat menyurat dilingkungan Pemerintah Kota Solok, Dinas Komunikasi dan Informatika mulai merancang Aplikasi tata naskah dinas elektronik secara bertahap yang nanti nya sangat bermamfaat bagi kelancaran administrasi surat-menyurat, sampai ke penggunaan tanda tangan digital sehingga terciptannya efisiensi dan efektifitas dalam bekerja dan dalam penghematan terhadap kertas (paper less), Ungkap Lusya.

Sosialisasi ini dipandu lansung oleh Programer DisKominfo Roberto Oskar beserta Tim, yang dalam penjelasannya mengatakan latar belakang kita merancang Aplikasi ini adalah dikarenakan masih terbiasanya aparatur dalam membuat surat dengan paradigma yang lama, seperti mencari data atau file dan copy paste walaupun surat tersebut tidak sesuai dengan tata naskah dinas yang ada. Berdasarkan kebiasaan tersebut Dinas Kominfo melalui Tim Programer mulai merancang aplikasi Si Nadine yang sesuai dengan tata naskah dinas. Aplikasi ini dapat di akses dengan cara membuka di situs ” sinadine.solokkota.go.id.

Aplikasi SiNadine ini kita rancang masih sangat terbatas dengan menu yang ada Aplikasi ini masih sangat minim yaitu untuk pembuatan dan pengolahan SPPD elektronik yang memudahkan sampai pengitungan biaya, pebuatan surat perintah tugas, pembuatan surat undangan dan pengiriman surat secara digital, untuk kedepannya bisa kita kembang sedemikian rupa, ucap Roberto.

Diakhir acara Tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota solok yang terbagi atas Tim Programer dan Tim TIK meminta kepada peserta pengenalan dan sosialisasi Aplikasi SiNadine untuk memberikan saran dan masukan, sehingga Aplikasi yang dibangun ini bisa lebih maksimal dan sempurna dalam membantu administrasi surat menyurat, kita semua berharap seluruh administrasi tentang surat menyurat yang sesuai dengan tata naskah dinas bisa di olah dalam Aplikasi SiNadine ini. (eg)